College Talk VIII : Universitas Pendidikan Indonesia dan Pemikiran Random-ku Soal Kuliah

14.31





Assalamualaikum, semuanya!


Lagi apa? Kalau aku lagi sedikit sendu. Sendu mulu kerjaannya. Tapi nggak jadi sendunya karena abis nonton drama Splash Splash Love dan di sana ada Yoon Doo Joon. Kemudian aku senang. Hahaha. Ngomong-ngomong, aku suka sama Dujun. Dujun tuh ......... yah pokoknya ingin punya jodoh kaya dia kalau secara fisik. Karena Dujun tuh badannya Hug-able banget dan kalau Dujun pake setelan kerja kantoran diaa sangat lah mempesona. Duh meleleh aku nulisnya juga nih. Selain itu dia jago main bola. Meskipun Dujun gak terlalu ganteng *dikeroyok fansnya* Dujun tuh tampan dan kocak gitu jadi suka.

Barangkali ada yang merasa memenuhi kriteria di atas. Boleh daftar.

Ini serius.

Enggak deng becanda.

Jadi akhirnya aku bisa nulis soal UPI. Udah lamaaa banget pengen nulis soal UPI. Soalnya dulu sebagai anak SMA yang kepo soal Universitas, aku merasa kurang info aja gitu soal deskripsi kampusnya.

Gitu.




Barety, enak banget buat duduk-duduk liatin ikan 


Aku minta maaf sebelumnya soalnya fotonya mungkin kurang bagus. Ini aku ambil pake kamera pocket dan super ngedadak. Soalnya aku sebenernya sedang melarikan diri dari acara himpunan pas ngambil foto keliling UPI. Jadi aku tuh panitia bagian konsumsi. Tapi malah duduk-duduk doang (sendirian. Udah biasa) jadi aku kabur dah.


Aku coba jelasin dulu UPI tuh ...... apa.


Universitas Pendidikan Indonesia a.k.a UPI adalah salah satu universitas negri yang ada di Bandung. Dulunya UPI ini IKIP (Institut Keguruan dn Ilmu Pendidikan) dan sebelum IKIP namanya tuh PTPG (Perguruan Tinggi Pendidikan Guru). Sejarahnya panjang banget. Percayalah.


Nah, dari namanya emang UPI ini identik banget sama pendidikan dan guru. Tapi sebenernya UPI juga punya jurusan yang non-pendidikan. Jadi gelarnya juga bukan sarjana pendidikan. Tapi tetep aja pas masuk sini disangkain mau jadi guru. Tapi emang jadi guru kenapa? Aku malah pengen.


UPI punya 8 Fakultas, Sekolah Pascasarjana, Lab.School UPI, dan 5 kampus daerah.



Gedung JICA FPMIPA A UPI . Tempt aku biasa belajar 


Terus aku mau cerita juga bagaimana aku bisa masuk ke UPI.

Aku Rinda dari Matematika UPI 2015. Aku non-pendidikan. Terus aku masuk lewat jalur SNMPTN atau undangan aja lah ya nyebutnya biar gampang. Terus aku milih Cuma Matematika UPI aja dan mengosongkan dua pilihan yang lain. Karena sejujurnya aku nggak tahu harus ngisi apa. Dan aku juga sebenernya masih meraba-raba ketika milih matematika. Yah setelah baca-baca banyak sumber jurusan matematika itu cukup menarik, dan sejujurnya ini mah loh. AKU TERPENGARUH SAMA IMITATION GAME. Aku KEPO kenapa matematika bisa memecahkan masalah seperti itu. Jadi aku di sini deh.


               

Saran aku yang masih bingung milih jurusan. Coba pilih yang menarik minat dan sesuai sama bakat aja. Karena aku kurang bakat di matematika jadi ya agak susah. Tapi aku usaha kok. Soalnya pas lulus bakal dilamar Dujun *di timpuk warga. Dan jangan lupa buat konsultasi semuanya ke orangtua. Percaya kalau orangtua tuh bakal pilihin yang terbaik.


Dan khusus buat yang mau ngisi jalur undangan, coba pikirkan matang-matang deh. Jurusan apa yang bener-bener pengen. Jangan sampai kamu nggak ngambil itu kalau udah diterima.Karena adik kelas bakal kena imbasnya. Setau aku gitu.

Terus kalau misalnya kamu pengen tahu kamu tuh bakal masuk atau nggak, coba kamu ke ruang BK terus coba minta ke guru BK untuk lihat nilai kakak kelas kamu yang masuk jurusan yang kamu pengen itu. Bandingin nilainya dengan nilai kamu. Kalau nilai kamu melebihi, kamu boleh tuh coba daftar.

Kuliah. Di mana pun. Tetep sama-sama susah. Masing-masing jurusan punya ke anehan tersendiri jadi jangan ngiri ya. Jalani aja, dan usaha aja dulu. Hasil mah diluar kuasa kita sebenernya. Edan.


Ini depan vila isola. 



UPI luas. Dan nanjak. Kampus aku ada di Bumi Siliwangi. Selain di Bumi Siliwangi UPI punya kampus lain. Di Cibiru, Sumedang juga ada kampus. Setahuku kampus daerah jurusannya Cuma PGSD sama apaaa gitu satu lagi.



UPI Bumi Siliwangi ada di jalan Dr. Setiabudi. Dan kalo weekend mau ke UPI.......... kadang suka males. Karena macet. Dan kalau siang panas meskipun ada di daerah atas. Bandung nggak sedingin dulu. Parkirnya gratis dan karena UPI luas kalau mau pindah-pindah bisa naik odong-odong, semacam mobil buat ngangkut kita keliling UPI. Kalau aku nyebutnya si Ijo. Dan aku belom pernah naik hahaha sedih.

Museum Pendidikan


UPI Bumi Siliwangi ini punya masjid Al-Furqon yang besar banget. Dan nyaman banget sumpah. Terus baru-baru ini baru di resmiin museum pendidikan. Dibuka untuk umum,hayu kita kesana soalnya aku juga belum.



Aku seneng jalan-jalan keliling UPI karena teduh. Banyak pohon.
Di UPI selain ke-guru-guru-an nya yang terkenal, menurutku kolam renang UPI juga terkenal ya. Tapi aku belom pernah renang di sana. Kayanya aku salah deh nulis kaya gini. Gatau apa-apa tapi nulis :D. 



Vandalisme, Nggak banget sumpah. Itu padahal tulisan awalnya kolam renang :( 


Pemirsah saya mohon  maap :).

Untuk Informasi mengenai jurusan apa yang aa di UPI bisa di cek di link di bawah ini :


Di UPI jurusannya lumayan banyak dan beragam banget. Dan ada jurusan baru, loh! Sastra Korea. Bahkan keperawatan aja ada. Daebak.

Aku lupa lagi nih pas aku masih SMA apa aja yang aku KEPO-in soal kuliahan. Jadi kalau ada pertanyaan kamu bisa ke sini. Atau nanya di kolom komentar. Lalu.... gak ada yang nanya. Yaudah gapapa =)).


Kalau kamu ingin jadi mahasiswa UPI, cara masuknya ada tiga jalur. Pertama, kalau dizaman ku namanya jalur SNMPTN atau undangan, yang pake nilai rapot. Yang kedua SBMPTN yang ini mah yang tes serentak se-Indonesia itu loh. Dan yang terakhir tuh apa ya namanya lupa, pokoknya ujian mandiri gitu.

Soal biaya pendidikan, itu disesuaikan dengan kemampuan  orang tua atau yang membiayai. Jadi di awal proses registrasi ngisi formulir gitu.



Seneng nggak sih kuliah di UPI?

Alhamdulillah seneng. Masuk ke sini nggak pernah aku bayangin sebelumnya. Entahlah seperti nya emang udah ditakdirkan untuk jadi mahasiswi di UPI dengan jurusan matematika. Meskipun nggak jarang aku rasa aku nggak bisa bikin orang tua-ku sangat bangga dengan masuk UPI, aku senang. Karena aku pikir mereka juga bersyukur aku bisa kuliah.  Mereka masih mau bayarin aku kuliah. Meskipun aku bukan murid yang pintar, aku akan coba buat tahun-tahunku di perguruan tingggi jadi tahun yang berguna buat membangun masa depan aku. Dan bikin mereka beneran bangga. Edan.

Dan entah kenapa ingin ngasih pesan aja ke dedek-dedek emesh yang SMA.

Bersenang-senanglah di SMA. Buat kenangan yang gila. Buat geng belajar kamu. Cari teman yang bener-bener bisa temenan sama kamu selamanya. Bersikap baiklah sama siapapun jadi kamu bisa mengenang masa-masa sekolah kamu dengan bahagia. Soalnya di kuliah sering banget kangen SMA.
Terus, jangan takut sama UN. Jangan takut sama apapun yang terjadi di masa depan. Percaya aja kalau kamu udah berusaha semaksimal yang kamu bisa, semuanya bakal baik-baik aja.



Semoga angkatan 2016 bisa sukses UN dan keterima di perguruan tinggi yng bagus.

Selamat kalian beruntung bisa sekolah.


Salam Sukses~

 Rinda~


You Might Also Like

4 komentar

  1. saya adhelia mahasiswi sastra inggris upi 2015. museum pendidikan dan fakultas saya jaraknya deket banget sampe kalo kamu split dari fakultas saya, kaki kamu yang satu lagi bakal kena sama tangga museum. tapi saya belum pernah ke museum itu juga. tetap semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu kaya yang di iklan klinik tong fang dhel :( .

      Hapus
  2. Good luck buat studinya Rinda, soon dipinang Dujun!:D Lol
    Enak deh, nanti kalo mau main ke bandung udah ada Rinda. *eehh :P

    Anw, I've followed you back ya :*
    eprikaadhitya.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduuh Aamiin bangeeet :') . Bandung lagi seru kak emang akhir akhir ini. makasiih ya kak udah dipolbek :')

      Hapus