College Talk 9 : Hal Sederhana Supaya Mahasiswa Sehat Selalu

21.31

weheartit.com 




Assalamualaikum , temen-temen!



Aku sangat berharap kalian sehat. Nyambung banget sama pos-an aku kali ini. Yaitu menjaga kesehatan yang sederhana untuk kita para pelajar.


Akhir-akhir ini bener-bener banyak yang sakit. Serius. Bahkan jumat kemarin aku denger kalau temen kampusku ada yang kakak dan ibunya masuk rumah sakit. Dan adiknya temenku juga ada yang masuk rumah sakit. Dyah dan Adhyana juga sakit. Ampun banget kan udah kaya wabah :(.


Aku tahu dengan jelas mungkin tips yang aku kasih nggak penting,udah biasa dan kurangkerjaan kayaknya. Tapi percaya lah banyak sekali yang suka mengabaikan hal ini padahal sesuatu yang besar kan dimulainya dari yang kecil dulu. Azheek.


Jadii kita bahas langsung sajah hal-hal kecil yang InshaAlah bisa mencegah sakit.

weheartit.com 


1.       Makan Teratur

Ini kasus tersering dilakukan oleh pelajar. Kadang suka nahan laper sampe lambung rasanya melintir. Aku juga sih sebenernya sering, tapi aku meakukan hal di atas karena aku suka males makan di kampus. Kalo yang bersih dan higienis kemahalan, dn yang murah nggak higienis.Kalau soal makanan aku agak rewel. Soalnya dari kecil mama selalu melarang keras jajan sembarangan. Tapi kalau pecel lele pinggir jalan dan nasi goreng pinggir jalan aku nggak bisa nolak.


Makan itu penting. Makan itu sumber energi, kalau energinyanggak ada, kita mau beraktivitas pake energi dari mana?

Jangan lupa makan ya ^^.


weheartit.com 



2.       Makan Sehat


Kalau kamu udah makan teratur tapi makannya nggak sehat, ya sayang sekali kasian badannya. Yang paling aku rasakan ketika makanan aku nggak sehat adalah aku jadi sulit BAB atau jadi terlalu sering BAB. Dan masakah pencernaan adlah masalah yang paling aku benci karena kalau udah kebelet BAB mendadak itu bisa mengacaukan konsentrasi :(. Aku terbiasa BAB di jam-jam tertentu dan kalau jadwalnya ngak teratur bisa bikin kacau banyak aktivitas. Jangan lupa makan dengan gizi seibang serta serat ya .


weheartit.com 



3.       Minum Air Putih yang Cukup


Udah nggak diragukan lagi lah minum air putih tuh banyak banget manfaatnya. Mama aku selalu pesan buat aku dan adik ku (yang sering duduk) untuk harus banyak minum. Nggak ngasih tahu alasannya tapi aku pikir yah emang mau kita duduk, bediri, nungging, ataupun koprol, kita wajib minum air putih karen banyak sekali manfaatnya seperti membuang racun dari tubuh dan membuat kulit kita sehat.



weheartit.com 


4.       Istirahat Cukup


Ini juga penting, kita bukan robot.Bahkan robot aja butuh di charge kalau udah waktunya mah. Emang susah juga buat yang tugasnya nggak jauh beda sama cobaan hidup. Tapi sempatkan lah tidur sebentar. Jangan sampai sama sekali meninggalkan tidur.


weheartit.com 




5.       Mandi dan Jaga Kebersihan Tubuh


Mandi itu penting. Apalagi ganti baju. Bayangin aja kita udah mejelajah dunia seharian dan nggak mandi dulu sebelum tidur. Jorok banget. Bisa dibayangkan berapa virus, bakteri,kuman, debu jalanan, dan benda asing lain yang berinteraksi dengan tubuh seharian. Jangan lupa cuci muka setiap mau tidur, keramas dua hari sekali, dan gunting kuku kalau udah panjang.

weheartit.com 



6.       Olahraga


Ini sih aku juga males :( mohon jangan ditiru. Selain males emang nggak ada waktu juga, padahal pengen lari di Saparua lagi kadang-kadang. Tapi waktu terbatas banget. Buat kalian yang ada waktu luang, jangan lupain olahrga ya ;) .


weheartit.com 



7.       Positive Thinking


Pernah ada penelitian soal air. Hubungan antara gimana harapan kia terhadap sebuah  air dan bentuknya di bawah mikroskop. Dan hasilnya luar biasa! Air yang harapannya baik kristalnya cantik banget, sedangkan yang harapannya jelek sebaliknya.


Kita yang 70% adalah cairan, sebaiknya memberikan harapan yang baik untuk diri sendiri. Dengan awal yang baik, InshaAllah kita akan menghadapi hari-hari kita dengan baik pula.


8.       Berdoa untuk kesehatan

Ini menurut aku pribadi penting, sih. Aku percaya soal hal-hal seperti doa dan lain-lain. Selain itu dengan berdoa hatiku lebih tenang :).



Segitu doang. Nggak maksud apa-apa sih, Cuman sedih aja melihat orang sakit apalagi orang-orang terdekar. Apalagi Dyah kan lagi UTS, yang SMA mau UN, yang SMP, yang SD juga mau UN. Kalau sakit gimana mau lancar ngerjain soal :(.



Pokonya kalian semua sehat-sehat ya!



Salam sayang ~



Rinda~ 

You Might Also Like

2 komentar

  1. Olahraga itu sebenernya di kamar sendiri aja juga bisa kok, Rin. Asal pake niat yang penuh aja, haha xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu keburu khilaf duluan fir kalo liat kasur. Dulu sih masih rajin squat sekarang boro-boro mandi aja suka males :( .
      Makasih ya fira udah mampir ;)

      Hapus