Iseng 13 : Tentang Flat Earth dan Hal yang Tidak Kita Ketahui

23.16

source : bbc.com

Assalamualaikum,


Semoga teman-teman diberi semangat untuk masuk kuliah, kayaknya yang kuliah udah pada mau masuk.

Iya gak sih?



Semangat ya!



Kali ini aku mau cerita aja, dan mencoba menuliskan apa yang aku pikirin. Tentu aja ini ada hubungannya dengan teori kalau bumi itu sebenarnya flat. Heran kan? Berapa banyak hal yang akan terbantah kalau hal itu adalah fakta.



Dimulai pada suatu hari ketika aku dan Dyah lagi ngobrolin hal-hal random. Dari semua hal random yang kita obrolin, yang paling ganggu pikiran aku adalah soal bumi yang katanya tidak berbentuk bola. Ya, mungkin semua orang yang pertama kali denger menganggap hal ini tuh lucu banget. Yakali anak SD ingusan juga tau bumi bentuknya kaya apa. Dan kita mulai baca soal beberapa buktinya. Konyol, tapi masuk akal.



Aku mikirin soal ini terus. Bahkan sampai nulis ini.



Aku juga ketemu Adhyana, bilang kalau bumi itu flat. Dan dia Cuma diem. Aku tahu dengan pasti dia tuh nggak percaya. Aku bisa ngerti. Semua orang yang denger pasti ngerasa ini aneh banget. Karena...... ya emang ini aneh banget :(. Pasti banyak hal yang harus dipertanyakan, lah kalau datar ujungnya dimana, terus kalo datar gimana caranya bumi mengelilingi matahari? Lah terus kalo ngga bola berarti nggak ada inti? Terus apa kabar gravitasi?


Mampus deh kan jadi banyak pertanyaan.



Sumpah, teori flat earth itu, menarik. Semua pertanyaan aku tadi, ada jawaban nya. Dan dilihat dari rute penerbangan, ada kemungkinan kalau bumi itu sebenarnya datar. Mungkin kalau kita punya banyak waktu dan uang kita bisa aja buktiin hal itu.Tapi, pernyataan kalau bumi itu bola juga masuk akal. Dari yang aku baca teori bumi itu bola tuh dikemukakan Galileo dan dibuktikan dengan foto bumi dari apollo 17. Silahkan deh kalau mau menganggap aku stupid. Karena aku emang iya. Silahkan kalau pada bilang aku kemakan isu, sok aja. Soalnya emang aku kan termakan isu. Heheheh.




Tapi aku nggak bilang kalau aku percaya 100% kalau bumi itu datar atau bulat.





Karena sebenarnya yang penting itu bukan soal bola atau datar-nya.




Aku pikir yang lebih penting adalah pemikiran kita.




Apa kita cukup bijak untuk menerima perbedaan pendapat?




Apa kita punya keinginan untuk mencari tahu kebenaran?





Terlepas dari benar atau salah, yang buat aku penting tuh ya gimana proses kita untuk mencari tahu. Ya dengan buka-buka buku lagi yang pas SD bumi itu kaya gimana, atau mencari-cari di internet. Atau ngobrol dengan teman soal hal ini. Ngobrolin soal bumi buat aku lebih penting lah dari gosip-gosip nggak jelas. Mungkin dengan kita bahas masalah ini kita jadi tahu NASA punya misi Apollo berapa aja, dan mungkin kita juga tahu lebih jauh soal berapa keliling bumi, jarak bumi ke matahari dan fakta-fakta soal alam semesta di buku pengetahuan.



Dan lebih dari itu, kita jadi sadar betapa alam semesta yang kita tempati ini penuh dengan teka-teki sehingga kita nggak boleh sombong. Karena sebenernya kita itu nggak tahu apa-apa.




Kita nggak bisa mengatakan pendapat kita adalah yang paling benar. Dalam hal apapun. Apalagi dalam hal ini, ketika melihat bumi dari angkasa saja kita belum mampu. Akan lebih bijak kalau kita sama-sama mencari tahu. Menjadi pintar bersama. Dan menjadi orang yang pikiran nya lebih terbuka.



Aku sangat berterimakasih dengan orang yang membuat topik ini masuk Line Today.




Aku jadi punya obrolan yang menarik bersama Dyah dan Adhyana.




Buat teman-teman, semoga jadi ingin mencari tahu :).




Dadah  Agustus~



Rinda~ 

You Might Also Like

2 komentar

  1. Aku awalnya nggak ngeh soal isue ini, dua minggu yang lalu dapat curhatan di sela rehat siang soal bumi datar, sampai dilihatin youtube gitu biar aku ketarik~ tapi sayangnya percakapan sambil lalu itu nggak aku tanggapin karena baru ngeh sama makanan XD


    dan akhirnya nemu celoteh ini lagi di blogmu, nanti deh aku cari tahu (kalau nggak keselek sama tugas XD)

    XD
    christinauntari.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena aku anaknya kepo, jadi aku sih cari-cari artikelnya. Tapi mending kepoin bumi bulat atau datar lahyaa dari pada gosipin artis XD

      Hapus