From Bandung With Love 7: Museum Geologi

17.07




Assalamualaikum!




Aku nulis from bandung with love lagi, karena aku abis main ke museum geologi. Dan aku kebelet pengen nge post ini karena, serius deh temen-temen harus ke sini! Karena seru banget sih tempatnya menurut aku. Ini intronya cepat sekali ya btw :’). Intinya Museum Geologi adalah tempat yang wajib dikunjungi.











Aku bukan orang yang suka main-main nggak jelas (sok sok an banget), aku sukanya main dan pulangnya aku dapat sesuatu. Misalnya pengalaman yang seru atau pengetahuan baru. Dan di Museum Geologi aku mendapatkan keduanya! Museum Geologi sekarang punya berbagai alat canggih yang memukau dan semakin mudah juga kita memahami apa yang dipamerkan di museum.






Sebelumnya aku ingin bahas sejarah (sangat) singkatnya dulu.





Dulunya waktu Zaman Belanda, museum geologi adalah laboratorium geologi. Penemuan berbagai fosil, batuan, serta mineral mengawali pembangunan laboratorium ini. Yah,fosil, batuan dan mineralnya kan butuh tempat untuk menyimpan dan untuk meneliti, jadilah museum ini dibangun. Pas pendudukan jepang, museum ini ikut diambil alih jepang, tapi digunakan sebagai kelas dan tempat workshop gitu kalau dari gambar di banner. Dan sepertinya baru dibuka untuk umum setelah kita merdeka.



T-Rex bintangnya museum ini





belajar sejarah kehidupan








Fosil kayu yang keren










Museum Geologi punya lima bagian. Yang pertama aku masuki adalah bagian Sejarah Kehidupan. Yang ditampilkan di sini adalah fosil-fosil berbagai mahluk hidup. Dan di sini ada bintang nya, bintangnya adalah si T-Rex. Dia yang paling beken se museum, padahal museum geologi bukan soal fosil-fosil. Lebih dari itu, di jelaskan juga awal bumi terbentuk dan keadaan kehidupan dari bumi pertama kali ada sampai mahluk hidup sudah bermacam-macam seperti sekarang, sampai keadaan kota Bandung di Zaman Purba juga di jelaskan.  Di sediakan juga berbagai tayangan yang relevan dengan benda yang di pamerkan, meskipun ada yang pakai Bahasa Inggris tanpa subtitle sih. Masa aku harus download subtitle dulu :(.








Ini touch screen loh! 




















Yang kedua aku masuki adalah tentang Geologi Indonesia jadi  di sini  dipamerkan berbagai batuan, serta mineral-mineralnya. Ada juga meteor dan di bagian museum ini, alat-alatnya keren.Kita bisa liat video pembentukan bumi segede tembok, dan bisa liat informasi tentang geologi dengan bantuan komputer meja yang touchscreen. Bagian geologi Indonesia menurut aku paling menarik, karena kita bisa menambah banyak wawasan soal bagaimana terbentuknya batuan, dan apa aja yang terkandung dalam batuan. Sumpah aku terpana banget liat mineral-mineral soalnya lucu-lucu banget.






Mineralnya lucu banget












Lalu di lantai atas ada dua bagian lagi, yaitu bagian Sumber Daya Geologi dan Manfaat dan Bencana Geologi. Nah pas mulai masuk ke sini, aku udah mulai nggak konsen karena lapar :(. Aku terlalu asik di bawah sampai kaki udah capek rasanya pas di atas. Nah kalau di bagian Sumber Daya Geologi, kita bakal banyak dapet informasi soal Jenis-jenis mineral serta informasi tentang Perminyakan dan per-gas-alam-an. Pokoknya ini sih kalau menurut aku dekat dengan pertambangan dan perminyakan.




Sisa letusan merapi



Yang terakhir adalah bagian Manfaat dan Bencana Geologi. Menurut aku pribadi, ini juga menarik. Kadang kita nggak sadar barang-barang tambang tuh dipakai untuk apa sih? Kok aku nggak banyak tahu ya soal itu? Apa sih hasil tambang yang deket sama mahasiswa selain panci-panci ? Dan di sini aku dikasih tahu kalau gadget kita adalah hasil tambang :’) . Ini aku aja atau orang-orang lain juga sih? Kenapa aku bodoh sekali :’). Selain itu ada juga berbagai bencana geologi yang sering kali kita lihat di tv, yaitu gempa bumi, tsunami, dan gunung meletus. Ditunjukan juga bagaimana pengaruh meletusnya gunung merapi pada tahun 2006 kepada barang-barang warga. Ada motor yang udah kaya fosil, tv dan termos yang meleleh, dan benda-benda lain. Di bagian ini juga ada simulasi gempa buminya loh.




Aku mendapatkan banyak ilmu. Banget.





Kalau kata orang belajar itu boring dan nggak asik, coba deh ke museum geologi. Semuanya kerasa asik dan bikin terpukau. Buat mahasiswa yang dapet matakuliah geologi, aku pikir dengan datang ke sini kuliah kalian bakal lebih kerasa nyata. Dan buat temen-temen yang dulu pernah belajar soal beragai jenis batu, boleh banget dateng kesini dan liat bagaimana bentuk batu tersebut serta berbagai mineral yang mungkin seelumnya kita nggak pernah tahu. Semua nya disusun dengan cantik dan bikin kita yang liatnya jadi betah.  Belum lagi berbagai alat bantu yang sudah cukup canggih, jadi semakin mudah juga kita menangkap informasi yang museum ini ingin kita tahu.










Dan yang terpenting adalah, dengan pengetahuan baru kita soal geologi, kita jadi tahu betapa Maha Besarnya Tuhan.



Salam Geologi ~



Rinda~ 

You Might Also Like

5 komentar

  1. Inget zaman kucel (SMP) Study Tournya juga kesini, yang aku inget bukan namanya tapi kenangan sama batu-batu cantiknya rin!

    XD

    christinauntari.blogspot.co.id


    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, mineral-mineral nya lucu-lucu banget ingin di bawa pulang XD

      Hapus
  2. asik juga kali ya sesekali ngunjungin museum yang emang dicap 'BOSENIN' sama kebanyakan orang. Adek kos ku beberapa waktu lalu baru aja ngomongin mau ngunjungin Bandung sebagai target liburan, ah, bisa kali ya kurekomenin maen kesini Rin ^^



    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, harus sih kalau kata aku. Lumayan nanti bisa di foto sama T-rex wkwkwk =))).
      Kalo museum geologi sih, buat aku nggak ngebosenin. Asal dibarengi dengan niat :D

      Hapus
  3. Wih mantap sekali ini :D kaya museum angkut :D

    BalasHapus