College Talk : hari-hari terakhir di kampus

10.27


Jujur masih nggak nyangka bisa nulis ini. Ide  untuk nulis ini berawal dari kepusingan cari bahan skripsi di Perpustakan Universitas Pendidikan Indonesia. Jujur kalau orang-orang ke perpustakaan dapet judul skripsi, gue malah dapet judul blog. Kenapa? Karena se-pusing itu skripsian. Gue nggak ngerasa dapet judul yang cocok dan menarik hati. Semuanya boring dan tidak ada hal yang baru. Lagi pula udah diambil semua judulnya sama temen-temen gue. Meksipun pada akhirnya lulus juga. Dan seneng banget karena artikel skripsi gue masuk jurnal officialnya jurusan gue.

Saat gue berjalan di antara lorong rak buku, gue dalam hati bilang ‘nanti kalau udah lulus gue mau nulis tentang hari-hari terakhir di kampus’. Hal itu terjadi hari ini, sekitar delapan  bulan setelah gue lulus. Rasanya memang bahagia banget setelah lulus, rasanya beban hidup berkurang. Tapi banyak hal juga yang menjadi beban baru. Meskipun gue nggak anggep sebagai beban.


Rasanya hari-hari terakhir di kampus gimana? Rasanya bingung. Temen-temen sibuk masing-masing dan gue ngerasa kehilangan arah. Ketika mereka ke perpustakaan gue ngikut tapi gue nggak dapet judul yang oke untuk skripsi gue. Ketika temen-temen udah sedikit tenang karena ada judul, gue masih browsing-browsing menentukan judul. Udah capek juga kalau bimbingan karena temen gue yang bimbingannya bareng ada yang pinter banget jadi apapun yang gue katakan rasanya bakal Cuma jadi angin lalu doang buat dosen. Dan sering kali dibandingin. Cape fisik sekaligus mental.
Ketika sudah dapat judul, kemudian tantangan selanjutnya adalah seminat proposal. Alhamdulillah gue lancar-lancar aja sih. Meskipun sebelum seminar revisinya bener-bener gila-gilaan. Gue sampe ngerasa bodo banget karena bener-bener salah semua. Nangis tiap hari, bahkan sempet takut ngeliat laptop karena nggak siap.


Lama-lama semakin berat, ketika udah dapet dosen pembimbing resmi rasanya semakin takut bimbingan karena gue merasa topik yang gue pilih ini asing. Literaturnya juga kebetulan dikit banget. Dan bisa dibilang, materinya lumayan sulit. Bener-bener tanpa bantuan siapa-siapa karena dosen pembimbing yang paham masalah ini, sering nggak ada di tempat. Tapi pada akhirnya gue bisa. Heran banget sama diri sendiri.

Kesulitan yang paling berkesan buat gue dalam mengerjakan skripsi adalah omelan dosen pembimbing gue. Bener-bener ngerasa gagal sebagai mahasiswa. Karena revisinya bener bener tiap paragraf ada. Bener-bener takut buka email revisi karena isinya sangat nggak enak dibaca. Lelah secara batin. Dosen pembimbing yang pertama, juga punya tantangan tersendiri. Beliau jarang ada di kantornya dan kalaupun ada gue harus nunggu seharian penuh. Dari jam 7 pagi baru ketemu beliau jam 5 sore. Tapi semuanya terbayar begitu selesai sidang. Bahagia banget, malam setelah sidang mungkin adalah salah satu malam paling indah di hidupku.





Meksipun setelah sidang rasanya beban hilang, tapi urusan administrasinya bener-bener menguras tenaga. Seminggu penuh gue daan temen-temen nongkrong di student corner dari pagi nyampe malem. Ngumpul jam 9 pulang-pulang jam 6 sore. Itu juga besokannya diulangi lagi. Naik turun tangga ngurusin administrasi sampe kaki rasanya mau putus. Tapi kalau di inget-inget itu juga salah satu momen yang indah. Saling bantu dan saling berbagi snack terus ngobrol-ngobrol banyak hal. Jadi kangen.
Seminggu setelah sidang, setelah administrasi selesai, tiba juga hari yudisium dimana status kelulusan kita diumumin. Happy banget. Sekaligus sedih karena setelahnya udah gak ada alasan lagi buat ke kampus. Si Irma nangis, makin aja deh sedih. Kita foto-foto banyak hari itu. Kalau gue pribadi lebih memilih untuk tidur di rumput.


Kangen banget kuliah. InsyaAllah seri college talk bakal ada lagi karena gue ada rencana untuk kembali sekolah dalam waktu dekat. Semoga bisa terwujud sehingga pengalaman gue bisa bantu temen-temen yang juga punya tujuan yang sama.
Kalau sekarang lagi berjuang untuk menyelesaikan skripsi, ingat! Semua pasti selesai dan berlalu, asal dikerjain. Sebaik-baik skripsi adalah yang selesai. Semangat terus karena hasilnya pasti indah. Percayalah.


Rinda ~

You Might Also Like

0 komentar

Skilled-daydreamer