Per-Buku-an : Buku yang dibaca minggu ini

22.03


Jadi, gatau kenapa seminggu ini lagi giat banget baca buku. Dalam satu minggu ini udah abis lima judul buku. Se-niat itu sampe gue instal iPusnas dan instal goodreads di handphone. Kayak kesambet setan perpus rasanya hahaha. Sebelumnya juga nge-review buku. Sempet bilang juga kalau bakal menulis buku-buku apa aja yang gue baca, jadi gue memutuskan menulis ringkasan dan ulasan singkat mengenaik buku yang gue baca.

Disclaimer dulu. Gue bukan anak sastra, dan hanya pembaca biasa yang membaca semata-mata untuk rekreasi. Nggak bermaksud sok tahu juga. Kalau mau ngobrol lebih jauh pun ayo. Bisa email aku atau dm aku di instagram. 





Indonesia X-Files oleh dr. Mu’nim Idries

Bahasa: Indonesia

Tahun: 2012

Halaman: gatau. Tebel pokoknya

Penerbit: Noura Books

Buku yang pertama gue selesaikan adalag buku yang gue pinjam di iPusnas. Ini adalah buku yang nyarinya susah banget, makanya gue sangat bersukacita ketika menemukannya di iPusnas. Isinya tentang kumpulan cerita beliau menangani beberapa kasus-kasus kriminal maupun tragedi yang terjadi di Indonesia semasa beliau aktif bekerja sebagai ahli forensik. Selain cerita dari berbagai kasus legendaris, di buku ini dijelaskan pula seberapa penting ilmu forensik dalam membantu kepolisian.

Jadi, setelah baca ini gue banyak mendapat hal-hal baru tentang dunia yang gue bener-bener buta tentang dunia forensik. Penjelasan yang ditulis dr.Mu’nim sederhana dan mudah dimengerti. Cocok untuk yang suka buku-buku detektif. Apalagi ini semuanya kisah nyata.  




How To Be Successful Without Hurting Men Feelings by Sarah Cooper

Bahasa: Inggris

Tahun: 2018

Halaman: 295 (tapi bacanya di books yang ada di iOs)

Penerbit: Andrew McMeel Publishing

Buku selanjutnya adalah buku pengembangan diri yang sebenernya isinya satir. Tentang bagaimana harus bersikap di lingkungan pekerjaan agar bisa sukses tanpa bikin pria-pria kesel. Baca buku ini banyak ketaawa miris. Karena beberapa memang gue pernah rasakan di pekerjaan dan di lingkungan kampus. Buat temen-temen perempuan, gue rasa bakal suka buku ini. Bahasanya mudah dimengerti meskipun berbahasa inggris. Kebetulan penulisnya juga seorang pelawak, jadi ini buku isinya banyak becandaannya. 




Kim Ji Yeong lahir tahun 1982 oleh Cho Nam Joo

Bahasa: Indonesia

Tahun: 2016

Halaman: 192

Penerbit: Gramedia

Ini adalah novel. Setelah sebelumnya baca buku nonfiksi, gue nggatau kenapa pengen baca yang ada ceritanya. Meskipun ini novel, tapi ini terasa berbeda sama novel-novel yang gue baca pas sekolah. (Ya tentu dong bunda....). Novel ini, sesuai judulnya mengisahkan tentang Kim Ji Yeong, seorang ibu baru yang menurut suaminya seringkali bersikap aneh. Anehnya kenapa? Ya baca aja.

Novel ini bukan novel-novel biasa, di dalamnya kita temukan berbagai gambaran patriarki yang umum di Korea Selatan. Bahkan sebagian besar juga sangat bisa kita temukan di kehidupan sehari-hari. Buku ini bisa dibilang menjelasakan dengan sempurna bagaimana perasaan perempuan dalam menerima  segala ketidak-adilan , berbagai kesempatan yang hilangan, serta banyak hal yang kita tidak bisa dapatkan hanya karena kita adalah perempuan.  Membacanya membuat hati gue pedih dan merasa kalau Kim Ji Yeong mungkin adalah kita. Gue sangat merekomendasikan buku ini untuk semua perempuan. Supaya kita bisa saling menguatkan dan syukur-syukur bisa menciptakan dunia yang lebih nyaman untuk perempuan di masa depan. 







Al Maidah 51 : Satu Ayat Beragam Penafsiran oleh Prof. M Quraish Shihab

Bahasa: Indonesia

Tahun: 2019

Halaman: 224

Penerbit: Lentera Hati

Ini adaalah buku yang paling sulit diselesaikan. Ampun Abi Quraish. Tapi jujur, buku ini membuka banyak hal baru buat gue, dan gue terpacu untuk baca lebih banyak buku sejenis agar tidak gegabah dalam meyakini sesuatu. Di buku ini dibahas penafsiran berbagai ulama tentang penafsiran Surat Al-Maidah ayat 51 yang sempat menggemparkan negara kita. Dijelaskan secara tidak bias karena di dalamnya ada penafsiran dari 40 ahli tafsir. Meskipun sulit untuk orang yang tidak sekolah agama, buku ini tetap gue baca sampai akhir. Buku ini ditulis dengan sangat serius. Meskipun banyak istilah, semua istilah dijelaskan se-jelas-jelasnya. Catatan kakinya bahkan ada yang sampai menghabiskan lebih dari setengah halaman. Karena se-jelas-itu.

Cocok dibaca untuk yang memang ingin paham maksud dari firman Allah Surat Al-Maidah ayat 51. 







Gadis Kretek oleh Ratih Kumala

Bahasa: Indonesia

Tahun: 2012 (Cetakan pertama)

Halaman: 274

Penerbit: Gramedia

Ini merupakan novel. Ceritanya unik dan cukup seru. Tentang petualangan Lebas dan kedua Kakaknya dalam mengabulkan permintaan terakhir Bapaknya. Ditengah sakitnya, Bapak memanggil-manggil nama wanita yang bukan Ibu mereka. Misterius.

Untuk yang punya ketertarikan akan rokok, buku ini pasti bakal kalian suka. Saat baca seperti sedang merasakan situasi pabrik rokok di Jawa tahun 1940-1965 an. Terasa sekali betapa rokok dalah bagian dari masyarakat yang ikut naik dan turun bersama situasi ekonomi dan politik. Menarik banget! Jujur. Gak nyangka aja bakal se-seru ini. Buat yang orangnya tradisional dan jawa banget (kaya akuh) pasti suka sama novel ini. Oh iya, ini untuk 21 tahun ke-atas.

 

Udah deh, semoga bisa terus konsisten nulis buku apa aja yang pernah dibaca.

 

Bye~

 

Rinda~


You Might Also Like

2 komentar

  1. Wahhh mantap banget Rinda! Aku juga pengen produktif baca buku tapi masih bingung bagi waktunya huhu.

    Aku pengen baca bukunya Abi Quraish nih jadinya :>

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, aku baca biasanya pas mau tidur supaya nggak overthinking. harus disempetin kalau ngga banyak excuse haha. Butuh kekuatran ekstra baca Al-Maidah 51 tapi worth banget dibaca. makasih mbak udah mampis <33

      Hapus

Skilled-daydreamer