Ayo Ke Hiroshima !

14.09

www.visithiroshima.net



Assalamualaikum, pembaca!




Semoga, sehat selalu ya :).



Aku yakin setiap orang punya negara yang ingin banget di kunjungi. Entah untuk kerja, kuliah, tinggal dan mendapatkan jodoh disana. Atau sekedar liburan. Untuk aku pribadi, negara yang selalu ingin aku kunjungi adalah Jepang. Banyak hal soal jepang yang menarik banget. Budaya, makanan khas, kota-kota yang sibuk, vending machine di setiap sudut, dan tempat-tempat wisatanya yang keren dan membut aku bertekad pergi kesana suatu saat nanti.




Beruntungnya, ada satu kesempatan untuk aku yang merupakan blogger untuk berwisata musim panas ke Jepang. Yeay! Summer trip ini dipersembahkan oleh H.I.S dan Kawaii Beauty Japan.


Kalau soal wisata ke Jepang, pikiran kita pasti nggal akan jauh-jauh dari Tokyo Disneyland, Osaka Castle, dan Gunung Fuji. Tapi, untuk aku yang suka sejarah, ada kota lain yang menarik yaitu kota Hiroshima.



Seperti yang telah kita tahu, kota ini di Bom saat perang dunia II. Dulu aku pernah bilang kalau aku suka baca komik Hai Miiko!, nah kota ini muncul di Jilid 17 dan aku jadi tahu kalau peristiwa pengeboman diabadikan di sebuah taman. Selain wisata sejarah, Hiroshima juga punya banyak tempat wisata andalan lain dan makanan yang bikin laper.





1.       Taman Monumen Perdamaian Hiroshima  (Hiroshima Peace Memorial Park  / 広島平和記念碑  )




https://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Monumen_Perdamaian_Hiroshima








Terletak di pusat kota Hiroshima, merupakan peninggalan peristiwa bom saat perang dunia II yang kemudian beberapa bangunan yang hancur dijadikan monumen untuk mengingatkan arti penting perdamaian. Selain terdapat monumen, terdapat juga museum yang menampilkan bearang-barang yang tersisa dari peristiwa bom, foto-foto para korban yang totalnya diperkirakan ada 140.000 orang tetapi hanya terdapat 12.392 foto dan berbagai hal tentang peristiwa bom.


halojepang.blogspot.com




Setiap tahunnya pada tangal 6 agustus diadakan upacara peringatan perdamaian hiroshima pada pukul 8.00 kemudian pada pukul 8.15 dibunyikan bel dan sirine diseluruh kota untuk mengingatkan warga kota untuk memanjatkan doa kepada para korban. Selanjutnya sebagai tanda perdamaian dilepaskan ratusan burung merpati. Setelah upacara di pagi hari, terdapat upacara lentera di sore hari, warga menghanyutkan lentera di sungai sebagai lambang perdamaian.







2.       Shukkei-en (縮景園)


https://en.wikipedia.org/wiki/Shukkei-en





Ini adalah sebuah kuil yang tamannya indah, dulunya merupakan kediaman dari seorang tuan tanah bernama Asano. Menurut aku pribadi, Hiroshima memang identik dengan kedamaian. Dan taman ini, mencerminkan kedamaian dari keindahannya. 

http://www.japan-guide.com/e/e3403.html


Taman ini selalu cocok dikunjungi di musim apa saja karena taman ini punya berbagai bunga yang akan mekar di setiap musim. Di hari sabtu dan mingggu ada pesta minum teh resmi yang bisa diikuti pengunjung setelah membayar sejumlah biaya. Kapan lagi bisa ikutan pesta minum teh a la a la jepang? Pasti seru banget.







3.       Kuil Itsukushima  (厳島神)



visithiroshima.net






Aku beberapa kali lihat gambar kuil ini, tetapi aku baru sadar kalau lokasinya ada di Hiroshima. Kuil Itsukushima merupakan kuil Shinto dan kuil ini merupakan situs peninggalan budaya warisan dunia yang diakui UNESCO.



japantourlist.com


Kuil ini juga sangat terkenal untuk wisatawan karena kuil ini masuk ke dalam 3 top scenic sight. Ketika malam hari kuil dan torii akan bermandikan cahaya yang datang dari sekitar pantai. Cocok juga buat ngeliat sunset dan sunrise, keidahan alamnya bakalan duet sama suasana sakral kuil akan jadi pengalaman yang susah ditemukan di tempat lain.



4.       Festival Mihara yassa

visithiroshima.net



Festival ini diadakan setiap musim panas selama tiga hari berturut-turut, di festival ini para pengunjung bisa menari bersama warga lokal dan pengunjung lain dengan diiringi alat musik yang khas jepang banget. Selain bisa ikut menari, pengunjung yang nggak suka nari (kaya aku) tetep bisa ikut melihat serunya pertunjukan budaya ini sambil menikmati makanan-makanan yang dijajakan di jalanan. Selain itu ada pertunjukan kembang api di malam hari yang membuat perayaan semakin meriah. 




5.       Istana hiroshima (広島)




https://id.wikipedia.org/wiki/Istana_Hiroshima




Sama seperti banguna-bangunan yang lain, istana ini juga kena dampak bom atom. Jadi, istana yang kita lihat sekarang di foto itu adalah istana yang dibangun ulang, bukan yang asli. Sekarang istana ini dijadikan museum sejarah hiroshima sebelum perang dunia. Seperti istana jepang pada umunya, istana hiroshima dikelilingi taman yang indah. Jadi selain bisa mendapat ilmu dari sejarahnya, kita juga bisa menikmati berbagai bunga-bunga yang cantik di sekitar  istana.








Selain tempat wisata dan berbagai kegiatan menarik di tujuan wisata kita, hal yang menurut aku sangat penting adalah MAKANAN! Buat aku yang cinta makan, bakal kurang banget kalau berkunjung tapi nggak makan makanan khasnya sama sekali. Hiroshima juga punya beberapa makanan yang khas dan Cuma ada di Hiroshima.



1.       Okonomiyaki Hiroshima



http://gethiroshima.com/dining/micchan-shonten/


Okonomiyaki hiroshima berbeda dengan okonomiyaki yang ada di osaka, di hiroshima okonomiyakinya bisa bebas pilih topping! Yang paling umum adalah topping daging babi, tapi untuk yang nggak bisa makan daging babi, pilihan topping lain juga ada, seperti cumi-cumi, kepiting, kerang dan seafood lainnya.





2.       Kue Manju Momiji




http://thebbb.net/japan-pedia/077-momiji-manju.html





Aku kenal kue ini dari komik hai miiko juga hehehe. Kue ini bentuknya seperti daun, karena momiji sendiri artinya adalah daun mapel kering yang berwarna coklat sama seperti kue yang matang. Kue ini sudah ada sejak 100 tahun lalu, dahulu kueyang bahannya tepung beras  ini Cuma punya satu varian yaitu kacang merah manis. Sekarang variannya udah semakin bervariasi dari coklat sampai berbagai macam selai.


Kue ini katanya enak banget, kuenya lembut dan isinya bakal lumer di mulut ketika kita makan.Kue ini bisa ditemuin di banyak tempat di Hiroshima mulai minimarket sampai hotel, jadi nggak mungkin banget ngelewatin kue ini kalau kita ke sana.



3.       Tiram hiroshima


 https://connpass-tokyo.s3.amazonaws.com/



Kalau main ke Hiroshima, terutama di musim gugur dan musim dingin, kita harus coba tiramnya. Tiram hiroshima adalah tiram nomor satu di Jepang,tiram hiroshima terkenal memiliki daging yang lembut seta tebal dan sangat lezat ketika di panggang.  Di hiroshima, cara memasak tiram yang khas adalah dengan di pangang. Tiram panggang biasa dinikmati bersama lemon yang juga merupakan produk unggul di hiroshima.








Meskipun Jepang sangat keren dan menarik banget untuk dikunjungi, beberapa orang masih khawatir untuk pergi ke Jepang. Tapi tenang sodara-sodara, sekarang semuanya bisa di permudah, salah satunya pergi ke Jepang. Ada H.I.S yaitu travel agensi asal jepang di Indonesia yang akan memudahkan perjalanan sodara-sodara sekalian. H.I.S juga memiliki keunggulan dibanding  travel agensi yang lainnya :


1.       Kenyamanan Service
H.I.S akan bertanggung jawab untuk mendukung kebutuhan perjalanan  wisatawan mulai dari berangkat sampei kembali lagi kerumah.

2.       Global Network Mendukung Keamanan Wisatawan
Dengan jaringan global, H.I.S akan menjamin keamanan dan kenyamanan berwisata mulai dari pergi hingga pulang.


3.       Harga terbaik
 Cabang H.I.S. di luar negeri menawarkan harga terbaik untuk hotel dimanapun dan kapanpun Anda butuhkan.


4.       Unggul dalam Individual tour
H.I.S menyediakan berbagai macam tour dan menangani tour sesuai dengan keinginan wisatawa. Perjalanan wisatawan mulai dari tiket pesawat, hotel, optional tour, kereta api, penyewaan mobil dan semua yang dibutuhkan! H.I.S juga membantu dalam proedur pengurusan visa.

Unggul untuk perjalanan ke jepang
H.I.S memiliki 273 cabang di Jepang, wisatawan dapat reservasi perjalanan ke Jepang di kantor cabang lain di luar negeri. Mulai dari penggunaan JR PASS hingga penerbangan domestik, H.I.S dapat memantu perjalanan wisatawan.


Facebook:https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia



Untuk yang ingin pergi ke tempat-tempat lain di Jepang dari Tokyo atau Osaka H.I.S juga punya penawaran menarik, jadi H.I.S berkerjasama dengan ANA (All Nippon Airways) yang disebut HAnavi menyediakan paket perjalanan yang bakal menguntungkan wisatawan. Keunggulannya adalah: 




1.       Hemat waktu
Keberangkatan dengan HAnavi memerlukan waktu yang jauh lebih sedikit ketimbang kita mengunakan kereta. Contohnya ketika kita akan pergi ke Hokkaido,dengan kreta kita butuh waktu 11 jam sedangkan dengan HANavi kta hanya butuh 1,5 jam saja. Kita jadi punya lebih banyak waktu untuk jalan-jalan.



2.       Murah !!

Dengan menggunakan paket tour dari HAnavi kita bisa mendapatkan diskon besar sehingga nyaman di kantong.

3.       Banyak pilihan
Hanavi juga menyediakan berbagai pilihan hotel sesuai dengan keinginan wisatawan.






Saat ini semua bisa jadi mudah dan nyaman, termasuk untuk jalan-jalan. Untuk yang sama seperti aku, yang ingin sekali jalan-jalan ke jepang, bisa banget lirik H.I.S atau HAnavi untuk membantu perjalanannya. Nggak ada lagi ceritanya jalan-jalan ribet dan mahal :D.



Terimakasih buat yang udah baca !

Jalan-jalan yuk :D



Rinda~

referensi :

http://www.japan-guide.com/e/e3403.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Shukkei-en
https://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Monumen_Perdamaian_Hiroshima
http://visithiroshima.net/
http://halojepang.blogspot.co.id/
http://www.jepang.net/2011/06/torii-gerbang-kuil-itsukushima.html
http://his-travel.co.id/about-us
http://www.antaranews.com/berita/467085/mencicipi-sedapnya-hidangan-hiroshima
https://id.wikipedia.org/wiki/Kuil_Itsukushima
http://mcha-id.com/10890
http://tourist-note.com/id/food_restaurant/20160406080036/
http://www.infojepang.net/item/hiroshima-castle/

You Might Also Like

2 komentar

  1. Weh, aku belum tau Hirosima punya banyak budaya yang asyik dikunjungi.
    Lenteranya keren, kayak di film Rapunzel.. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya setiap sudutnya Jepang emang menarik semua. Ayok Fir ke Jepang :)))

      Hapus