College talk 14 : Capek Kuliah?

21.11




Assalamualaikum,


Sesuai sama judulnya, aku akhir-akhir ini lagi capek nih temen-temen. Tapi bukan karena kuliah. Aku capek karena terlalu banyak liat instastory orang yang mengeluh soal ‘kuliah’. Atau aktivitas yang lain. Dan baru aku sadari, ternyata ngeliat orang capek itu bisa bikin kita ikut-ikutan capek.

Sebenernya aku bakal banyak ngehujat dan ngeluh juga di post ini. Jadi aku mengeluhkan orang yang sama-sama ngeluh. Pusing deh bacanya. Tapi biarin deh ya, aku mau curhat dan jadi jahat dulu hari ini.

Sejak ada instastory, kayaknya kita semakin gampang untuk tau ‘teman-teman’ kita lagi apa, dimana dan sama siapa. Aku ngerasa suka sih sama fitur instastory, soalnya aku jadi bisa ngerasa deket sama temen-temen aku. Beberapa kali aku kembali chat dengan orang yang bahkan udah lama nggak ketemu. Dan asik juga ketika kita bisa berbagi momen-momen ke orang-orang yang kita kenal. Nggak jarang juga banyak yang nge chat kita karena liat story. Pokoknya fitur baru instagram ini mendekatkan. Oh iya, kalau mau follow boleh deh di @arindatan, lumayan supaya followers bisa seribu dan enak kalau mau ikutan event lebih cepet dipilih :’) . He he he .


Sayangnya, meskipun fitur dan tujuan dari instagram untuk bikin instastory ini bagus, beberapa hal mwmbuat ini jadi nggak menyenangkan lagi. Sadar atau tidak selain momen-momen menyenangkan di instastory juga ada aja yang bikin kesel. Ketika ada yg update dan ngomong kasar, terus ketika ada update yang misuh-misuh, dan yang untuk aku paling ganggu adalah yang mengeluhkan soal kuliah. Iya mending kalo sekali. Ada aja yang tiap update ngeluh :(. Aduuuuh.  


Yang anehnya adalah, temen-temen aku yang kuliah di jurusan teknik malah kayanya jarang banget deh ngeluh. Ya mungkin karena mereka nggak sempet main-mainin handphone. Tau sendiri teknik modelnya kaya apa, salah dikit nol, telat dikit diusir. Sampe jarang balesin chat, malah kadang sampe keabisan batre dan lupa nge cas.


 Jujur salut banget ya sama teman-teman Merauke karena bisa selalu menghadapi segala cobaan kuliah :’).

Setelah nanya ke beberapa teman dekat, aku menyimpulkan post semacam itu tuh lumayan ganggu. Gimana ya, iya kalau untuk aku sendiri kalau pengen ngeluh soal kuliah atau curhat soal kuliah mending ke orang terdekat aja. Instastory itu sama kaya tempat umum. Banyak yang liat.Dan buat beberapa orang, ngeliat orang lain susah akanmembuat mereka susah juga.

 Sebagai contoh :

Aku kuliah, dan kaya orang lain kuliah pada umumnya ya aktivitasnya gitu. Gitu gimana ? Ya gitu. Biasa aja. Terus liat orang-orang di story pada sibuk, aku jadi mikir “ih kok aku nggak sibuk ya?” padahal kan kita Cuma tau sekilas. Bisa aja pas besoknya si teman kita ini lagi hangout padahal kita lagi ngerjain tugas.


Aku nggak menyatakan kalau mengeluh itu salah. Sah-sah aja ngeluh, atau sah-sah aja membagi kesibukan kita kepada dunia ini.  Tapi, ya jangan terlalu sering. Karena mungkin ada orang yang saking sibuknya nggak sempet baca chat, apalagi liat media sosial. Kan jadi malu juga. Yang sibuk beneran bahkan nggak bisa ngebales chat ibunya, dan kita malah mainan socmed. Mungkin kita anggap diri kita sibuk dan lelah, tapi mungkin di luar sana ada yang sangat ingin jadi sibuk sehingga ikutan segala macem kegiatan, supaya bisa bikin instastory pas lagi sibuk. Ada loh yang kaya gitu.
Contohnya aku. Hahaha. Aku berusaha cari kesibukan biar keliatan sibuk dan ngerasa kalau hidup aku sedikit ada gunanya. Kalau ini sih positif sih dampaknya.

Namun kalau ikut kegiatan banyak tapi Cuma buat keliatan sibuk doang mah buat apa coba? Kita kan hidup buat diri sendiri, buykan buat diliat orang. Lagian kegiatan-kegiatan dan amanah-amanah yang dititpkan ke kita itu kan adalah hal yang harus di pertanggung jawabkan, tapi kalau kita niatnya aja udah ngga bener, gimana mau jalan?


Untuk teman-teman yang sedang sibuk dan lelah, coba bayangin Papa kalian yang tiap pulang kerja mukanya seneng. Dan jarang banget,sih aku denger Papa aku ngeluh. Dari pada mengeluhkan pekerjaan Papa aku lebih sering ngeluh karena macet. Abisnya Papa aku kan orangnya nggak sabaran.Yang sabar Pa lain kali hehehe.  Aku salut aja ke Papa dan orang tua di luar sana. Mereka kerja, sibuk, capek, tapi nggak pernah banyak protes. Aku, yang masih hidup karena biaya Papa aja masih sering ngeluh dannangis sendiri karena kebanyakan mikir. Tapi lagi  berusaha nggak ngeluh. Meskipun masih sering bilang kalau kuliah itu susah. Aku kadang-kadang lupa kalau nyari uang dan nguliahin anak itu lebih susah.


Intinya.



Temen-temen, mari kita sama-sama jadi pribadi yang kuat dan penuh semangat. Dulu pas aku lagi osjur, ada pemateri yang bilang kalau sebagian uang kuliah kita dibiayai negara, baik kampus swasta ataupun negri. Dan uang untuk membiayai kita itu asalnya dari pajak, dan yang membayar pajak itu dari semua lapisan masyarakat, mungkin di dalamnya ada tukang becak, pak pos, bapak-bapak nasi goreng langganan kita, dan bisa siapa saja. Jadi jangan bikin mereka kecewa karena kita ngeluh terus hehehe.



Mari sama-sama usaha biar negara kita jadi lebih baik, dimulai dari hal kecil, yaitu dengan tidak mengeluh dan tidak sombong.

Buat apa sih nyebarin yang kurang menyenangkan kalau yang menyenangkan lebih baik.


SEMANGAT KULIAH !!!


Rinda~


You Might Also Like

8 komentar

  1. Ih jadi inget kemarin temen aku sampe ada yang update status: "Naha batur mah rariweuh urang mah nyelow?" wkwkwkwk :(

    Bukan cuma Instastory, sekarang Whatsapp sama Facebook juga adaaa storynya. :)

    Yuk ah semangaaaaaaaat. Kadang kalau aku ngepost yang ngeluh-ngeluh juga aku suka hapus lagi sih. Ga enak aja gitu wkwkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasian juga ya snapchat dijiplak :') . tapi serius deh, ketikaliat orang sibuk aku jadi ngerasa gak guna :(. Makasih fira karena membuat aku merasa tidak sendiri

      Hapus
  2. IYA! UUN CAPEK KULIAH! MAU MAIN2 AJA! TITIK!


    www.christinauntari.com

    BalasHapus
  3. Wah ka Rinda hebat sekali tulisannya. Semangat ujian teori ring, pengolahan data, dan analisis real.... literally so freakin' real. Hahaha semangat qq.

    BalasHapus
    Balasan
    1. literally sso freaking real :') enak ya lu kelompoknya sangat hoki :))) . mulai sekarang kita tidak saling kenal

      Hapus