Semarang, dalam upaya kabur dari kenyataan

15.13

Halo semuanya,

Jadi akhirnya aku memilih untuk nulis tentang pergi ke Semarang instead of doing my skripsi. Aku ngga ada semangat ngerjainnya. Haha.

Mungkin Semarang bukan tujuan wisata yang umum. Tapi nggak tau kenapa gue ingin banget ke Semarang. Aku alias gue suka sejarah, gue adalah manusia tua yang kejebak di badan cewek 20 tahun. Dan di Semarang kalau dilihat suasana nya agak ke jadul-jadulan. Mungkin itu alasannya (?) bahkan gue juga gatau. Pokoknya ngebet pengen ke sini sampe suatu hari ada kesempatan dan pergi.

Bisa dibilang cukup dadakan.

Gue berangkat bareng si doi. Menggunakan kereta Ceremai yang berangkat pukul 06.15 . Berikut kita hampir di tinggal kereta. Ya gimana nggak di tinggal, jam 06.03 kita masih di parkiran berikut boarding pass belum di cetak. Kan pinter. Kesel banget gue. Belom apa-apa udah drama.
Perjaanannya lumayan panjang, apalagi buat dia yang nggak bisa ngerokok. Jadi perjalanannya panjang banget. Akhirnya sampe di semarang sekitar jamn 13.30 lebih cepet dari di jadwal.

gereja blenduk, kota lama

Selama di Semarang kita memutuskan sewa motor untuk jalan-jalan. Sewanya di Justisia Rent ada di instagram. Motornya mulus, bensinya irit banget sumpah selama jalan duahari tiga malem itu bensin Cuma beli sekali doang itu pun masih sisa banyak. Motornya Vario yang 110 cc. Di awal ketemuan pihak justisia telat sih, tapi emang kereta kita kecepetan juga. Namun pas pulang syukurnya tepat sesuai jam janjian kita.

Hari pertama sampai, kita keliling-keliling cari makan karena laper. Padahal nyampe stasiun kita makan soto dulu. Beda sotonya sama kalau kita biasa jajan di Bandung. Sotonya bening. Enak banget entah kenapa.
 Makanan yang kita incer adalah Nasi Goreng Babat pak Karmin. Pacar pernah sempet makan itu di suatu trip ke Tuban sama geng nya terus dia kepengen lagi katanya enak. Dan emang enak sih. Lokasinya deket kota lama.

Setelah makan, aku ingin banget ke warung semawis di gang warung. Terus kita ke sana deh. Cuma jajan cemilan sama es, dan gurita bakar. Namun karena penuh jadinya nggak betah lama-lama juga. Pasar Semawis nya Cuma ada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Kalau sempet mending ke sini karena seru aja aku seneng liat makanan banyak.

Selanjutnya karena masih cukup sore, kita gatau mau kemana. Muter-muter akhirnya menentukan untuk mampir ke lawang sewu di malam hari. Alhasil fotonya burem khas kamera i phone -,- . Ternyata lawang sewu itu kantor milik kereta api. Dulu jaman masih sebelum merdeka ini kantor dari suatu perusahaan kereta dan setelah kemerdekaan jadi aset nya PT.KAI. Diceritain sejarah gedung, dan beberapa detail gedung kemudian lukisan-lukisan dari gedung ini.  Selain sejarah gedung diceritain juga soal sejarah per-kereta-an di Indonesia yang awalnya beda-beda perusahaan kayak bis sampai akhirnya jadi dikelola oleh PT. KAI. Medianya ada yang bagus banget yang bisa tinggal touch gitu. Anak-anak pasti suka.

Btw, tiket masuknya 10 ribu per orang.

Di trip ini, kita nggak punya tujuan. Murni Cuma ingin kabur aja dari kenyataan jadi bener-bener nggak teratur, nggak penting, bikin emosi dan santai banget.

Hari selanjutnya jam 11 an kita ngider nyari tahu gimbal. Susah nyarinya karena kebetulan ada acara yang membuat beberapa ruas jalan di tutup. Pusing dan macet di beberapa titik. Tapi akhirnya makan juga tahu gimbal depan Taman Indonesia Kaya yang ditutup karena lagi dibetulin. Pokoknya hari dimana kita ke Semarang banyak banget yang di betulin.

Setelah makan bingung mau ngapain, akhirnya muter-muter ga jelas dan masuk Paragon Mall katanya doi pengen beli gunting kecil buat kumis di miniso tapi nggak ada ternyata guntingnya. Jadinya malah aku beli wardah eye makeup remover.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rinda (@arindatan) pada

Abis dari mall kita ke Sam Poo Kong. Ngapain? Ngasih makan barongsai XD sumpah ih seneng banget aku hahaha. Kita pake tiket terusan yang bisa masuk ke kelenteng yang lebih kecil. Meksipun agak confused ini gimana ceritanya bisa jadi kelenteng padahal Cheng Ho nya katanya islam. Yaudah sih akhirnya nggak jadi mikir. Mending kita nikmatin aja hasil perkawinan budaya yang jadi nya sangat bernilai ini. Kepengennya nyewa guide tapi entah kenapa ga jadi. Padahal pasti seru bisa diceritain soal Sam Poo Kong lebih jauh.

Abis dari Sam Poo Kong kita ke..... Jonas Photo hahaha

Akhirnya sebagai couple kita punya foto alay yang dicetak. Seneng banget pokoknya dan hasilnya pun lucu kaya srimulat. Terus makan bakso dan siap-siap cabut lagi malem-malem beli oleh-oleh buat kolega.

Beli oleh-oleh di Bandeng Juana tapi nggak beli bandeng. Ngawur. Tapi recommended banget toko oleh-oleh ini harganya masuk akal, variannya banyak, plus bisa dicobain.

Setelaah itu laper lagi kita dan makan seafood di depan Taman Indonesia Kaya.

Semarang ini dari yang aku liat, kota nya sepi. Di bandingkan Bandung, Semarang ini jauh lebih sedikit penduduknya kayaknya. Malam minggunya rame, tapi nggak se-rame itu. Hari minggunya sepi, hari senin nya nggak macet sama sekali. Yah mungkin maet Cuma aku nggak ngerasain. Paling macet depan pasar sama depannya Paragon. Jalan-jalannya sangat lebar. Mungkin karena nggak macet kerasanya jadi lebih lebar lagi.

Hari terakhir aku ga mau pulang. Betah.

Karena belom makan, sebelum pergi lebih jauh kita makan di angkringan depan Nasima. Angkringan ter-enak yang pernah aku cobain. Nggak spesial sih, basic. Cuman porsinya pas dan gatau kenapa berkesan banget buat gue.

kota lama dan renovasinya

barang antik, nyeni, sekaligus serem di kota lama sebelah gereja blenduk

Akhirnya ke kota lama. Tapi renovasinya menurut gue agak awut-awutan. Gue rasa akan lebih baik kalau renovasinya dari satu titik ke titik lain. Bukan sekaligus kaya begini. Jadinya kan repot. Pejalan kaki repot, pengendara lebih repot lagi. Padahal bangunannya dan suasananya bagus banget. Sumpah. Nggak bisa ditemukan di tempat lain.

spiegel, banyak bule

Di kota lama keliling-keliling kemudian ke Spiegel karena penasaran. Ini typical cafe mahal gitu. Suasananya bagus dan kalo ada live music pasti lebih  bagus. Aku beli eskrim aja dan doi beli latte hazelnut. Abis dari spiegel kita ketemuan sama temennya. Dan pulang deh ke stasiun. Pulangnya naik kereta Harina.

Pokoknya ongkos kereta pulang-pergi berdua sekitar 800 ribu-an. Nggak mahal-mahal amat. Kalau pesen dari jauh-jauh hari pasti dapet lebih murah.

Intinya adalah, buat yang ingin liburan untuk kabur dari kerjaan setitik. Bisa nih coba ke Semarang. Gatau kapan tapi aku pasti balik lagi ke sini.