Mengatasi Rambut Rontok

13.27


Hari ini mau sedikit bahas soal merawat rambut. Jadi udah hampir satu bulan ini agak sedikit obsesi sama rambut. Rambut gue botak gitu. Jadi jarang-jarang dan keliatan sangat tipis terutama kalau lepek. Keliatan banget betapa rambut gue itu sedikit banget dan keliatan kosong. Meskipun gue pribadi nggak pernah liat rontok yang bener-bener banyak dalam sekali nyisir, melihat rambut gue kelihatan kosong membuat gue panik.

Ya gimana ya, belom jadi profesor tapi udah botak. Gimana nanti pas jadi profesor kan. Makanya mulai bulan kemaren bertekad untuk ngurus rambut dengan lebih bener sekaligus mencoba menumbuhkan rambut. Dan efeknya sudah cukup kerasa. Rambut jadi kerasa lebih lebat. Mungkin di bawan ini agak panjang ceritanya jadi mohon disimak dan semoga membantu ya.


Yang penting dilakukan

Sebelumnya sempet nyimak instagram story beberapa orang yang juga sedang berjuang sama rambut rontok. Dan aku simpulkan dalam merawat rambut khususnya untuk mengatasi rambut rontok yang harus dijaga adalah gimana supaya rontoknya nggak tambah banyak dan gimana caranya supaya tumbuh rambut baru. Rontok nggak bisa dihilangin karena katanya rontok rambut sekitar 100 helai per hari itu normal. Meskipun normal tetep aja ngeri.

Salah satu cara supaya rambut rontoknya nggak tambah banyak, sebelum keramas bisa pake hair oil atau instant conditioner terus sisiran. Setelah keramas jumlah rambut rontok bisa berkurang signifikan. Terus jangan lupa gunakan conditioner atau pake hair mask setelah keramas. Ini penting supaya rambut nggak kusut dan gampang disisir. Semakin rambut lembut semakin jarang juga rambut yang tangled satu sama lain, semakin berkurang rontok dan patahnya. Nah, menjaga rambut supaya nggak cepet lepek juga bisa bantu mengurangi rambut rontok. Semakin jarang keramas semakin berkurang juga rambut rontok. Caa ngurangin lepek adalah dengan seminggu sekali pake hair mask atau creambath. Bisa juga pake produk rinsing vinegar yang gue pake juga kadang-kadang.

Selanjutnya supaya tumbuh rambut baru, gunakan hair tonic, hair oil, atau produk lain yang bisa memicu pertumbuhan rambut. Aku pake dua jenis yaitu hair tonic dan hair oil secara bergantian. Jadi misalkan hari senin, sebelum keramas pake hair tonic dulu. Nanti keramas lagi hari rabu pake hair oil. Kalau mengaplikasikan hair product, sambil dipijit juga karena katanya itu juga bisa menstimulasi pertumbuhan rambut. Setelah melakukannya alhamdulillah rambut gue numbuh.


Produk yang digunakan

Dalam ngerawat rambut menurut gue nggak bisa Cuma pake satu produk. Sebetulnya yang paling penting adalah hair tonic, shampoo, conditioner, sama hair oil yang bisa digunakan untuk bikin rambut jadi lembut. Tapi karena gue emang banyak gimick jadinya pake sebanyak ini. Intinya sih pake hair tonic sebelum dan sesudah keramas. Pake conditioner setelah pake shampoo. Dan sisiran sebelum keramas. Itu doang yang penting.



Bio hair 123 plus Floral

Ini membantu banget buat menumbuhkan rambut menurut gue. Lumayan keliatan tumbuh setelah dua kali pake. Teksturnya cair banget dan aromanya agak kuat. Makanya gue hanya pake pas malem sebelum tidur atau satu jam sebelum keramas. Ketika kena kulit kepala adem banget. Nah jangan kaget juga kalau misalkan setelah pake hair tonic ini rambut jadi banyak rontok. Di deskripsi produknya memang produk ini bikin rambut yang udah nggak strong jadi rontok. Worth to try buat yang mau numbuhin rambut. Harganya juga nggak mahal amat. Sekitar Rp 80.000 belinya di shopee.



Mustika Ratu Hair Oil Cemceman

Ini adalah minyak rambut yang digunakan sebelum keramas. Bisa membantu menumbuhkan rambut tapi setelah dua kali pakai belum terlalu terlihat pertumbuhan rambutnya. Berbeda sama si bio hair 123. Cuman gue tetep pake karena selain membantu pertumbuhan rambut, kerasanya rambut jadi lebih sehat karena pake si mustika ratu hair oil cemceman ini. Klaimnya memang selain membantu pertumbuhan rambut, dia juga bisa membuat rambut jadi lebih hitam serta berkilau. Dan gue setuju.
Teksturnya seperti minyak biasa cuman aromanya lumayan mengganggu buat gue. Herbal banget. Meskipun aromanya nggak enak gue tetep pake karena suka efeknya. Produk ini murah banget nggak sampai 30 ribu. Bisa ditemukan di supermarket kesayangan kamu.


Tresmme Scalp Care

Jujur nggak tau kenapa beli ini. Tapi karena klaimnya dia untuk mengatasi hair-fall aku jadi beli. Kata anak-anak twitter shampo ini juga memang bagus untuk rambut rontok meskipun aku sendiri juga tidak merasakan efek yang signifikan.
Harganya sekitar 20 ribuan untuk yang kecil ini.

Pantene Conditioner Hair Fall Control

Jujur beli ini karena harganya murah. Hehe. Sepertinya next time bakal beli conditionernya L’oreal. Menurut gue si pantene ini agak kurang lembut gitu efeknya. Meskipun begitu tetep oke-oke aja sih. Wanginya juga tahan lama banget di rambut. Plus harganya murah dan mudah ditemukan.


Makarizo Texture Experience Strawberry Yoghurt

Ini adalah hadiah dari adik gue dalam rangka ulang tahun gue yang ke-23. Jadi udah lama kepengen ini karena sepertinya wanginya enak. Enak sih wanginya tapi nggak begitu awet untuk varian strawberry yoghurt ini. Selain itu, sebaiknya beli produk hair mask aja. Katanya produk hair mask punya nutrisi lebih banyak dibandingkan produk creambath seperti ini. Tapi cukup puas menggunakan Makarizo Texture Experience ini. Rambut jadi nggak gampang lepek dan kerasa bersih banget.
Beli di shopee harganya sekitar 110-150 an tergantung tokonya. Oh iya, produk ini isinya banyak banget. Satu kemasan ini beratnya 500 gram. 


Yves Rocher Rinsing Vinegar

Produk ini bagus buat yang ingin rambut nggak cepet lepek. Tapi agak tricky juga dipakainya kalau dalam satu rangkaian. Jadi udah jarang dipake. Biasanya kalau pake ini setelah keramas aja ditunggu tiga menit lalu dibilas. Sama seperti pakai conditioner. Efeknya bikin rambut nggak gampang lepek lebih bersih dan lebih berkilau. Tapi nggak ada efek lembut seperti pake conditioner. Kayaknya sih nggak akan repurchase.
Harganya juga lumayan mahal sekitar 200 ribuan lebih. Belinya di Yves Rocher yang ada di mall atau bisa juga beli di official storenya di shopee. Di Sociolla juga ada.


Mise en Scene Perfect Serum

Ini semacam hair oil yang berperan dalam mengatur rambut supaya nggak kusut. Bener-bener bagus buat dibawa traveling karena bisa membuat rambut mudah diatur tanpa lepek. Gue pake ini sebelum keramas di batang rambut supaya nggak kusut seperti yang sudah dibahas tadi. Nah, karena ada kandungan argan oilnya kadang kalau iseng suka diolesin juga ke kulit kepala. Tapi tentu saja bikin rambut lepek.

Natur hair Tonic

Jujur nggak tau ini ngaruh atau nggak tapi tetep gue pake karena gue yakin pasti ada manfaatnya. Kenapa setelah keramas nggak pakai Bio Hair 123? Karena Bio hair 123 aromanya cukup ganggu buat gue. Jadi gue pake natur hair tonic aja.  Ini aromanya juga herbal tapi nggak strong. Sama-sama adem pas dipake ke kulit kepala. Selain itu ini harganya murah Cuma sekitar 20 ribuan plus gampang dicari dimana-mana.

Bagaimana urutan pakainya?

Urutan pertama : pilih ma pakai Bio Hair 123  tonic atau Mustika Ratu Hair oil Cemceman.
Urutan kedua : sisir rambut. Kalau rambut susah di sisir gunakan Mise En Scene Perfect.
Urutan ketiga : Keramas.
Urutan ke-empat: Pakai Pantene Conditioner atau Makarizo Texture Experience Hair Creambath atau kalau mau, pakai Yves Rocher Rinsing Vinegar.
Urutan kelima : Ketika rambut udah mulai kering pakai Natur Hair Tonic.
Selesai.
Semoga yang udah ditulis sampai seribu kata ini ada manfaatnya buat temen-temen.

Love, Rinda ~


You Might Also Like

0 komentar

Skilled-daydreamer