College Talk : Kuliah Lagi

21.38


 

Hari ini memutuskan untuk nulis college talk lagi.

Jadi, saat ini aku sedang menempuh pendidikan lagi untuk meraih gelar master. Terus kenapa aku nulis ini?  Pengen cerita aja sih, meskipun nggak ada yang baca. Haha. Pengen mencatat aja pengalaman-pengalaman selama kuliah biar bisa dibaca lagi ketika udah tua.

Cerita dulu kali ya aku kuliahnya dimana. Aku saat ini kuliah di Institut Teknologi Bandung, ambil program Magister Matematika. Inginnya sih ambil Kelompok Keahlian (KK) statistika. Dan sejauh ini masih mengusahakan untuk tetep ngikutin niat awal.

Aku seharusnya masuk jadi angkatan 2020 semester ganjil. Aku ambil Tes Potensi Akademik (TPA) bulan Maret, sesaat setelah diumumkan kasus pertama COVID-19 di Indonesia. Alhamdulillah nilainya memenuhi kriteria. Tapi, karena akhirnya ada PSBB aku nggak ambil tes Bahasa Inggrisnya. Oh iya, untuk masuk program pascasarjana di ITB, di awal ada tiga tes yang harus kita jalani. Yang pertama TPA, kemudian TOEFL (biasanya daftar tes di Pusat Bahasa ITB) dan tes di setiap jurusan yang kita ambil, yang mana beda-beda tergantung jurusannya.

Di awal, lumayan pricey juga menurut aku haha. Jadi untuk daftar kalau nggak salah kita harus bayar sekitar 600 ribu. Untuk Tes TPA, biayanya 400 ribu begitupun dengan tes TOEFLnya.

Nah, hal paling deg-degan dari proses pendaftaran ini adalah tes untuk ke jurusannya. Aku melaksanakan tes sekitar bulan Mei 2020. Karena aku ambil jurusan matematika, tesnya ada dua mata kuliah. Tes analisis real dan tes aljabar. Pengumumannya seinget aku, tanggal 8 Juni 2020. Sempet ada drama karena salah masukin nomor pendaftaran, tapi akhirnya keterima juga.

Aku pada akhirnya mulai kuliah tanggal 18 Januari 2021, karena aku pikir dengan menunda satu semester kuliahnya bisa tatap muka. Tapi ternyata tidak :). Untuk penundaan ada biaya cuti sebesar satu juta. Dan yaudah deh sekarang kuliah masuk angkatan 2020 genap.

Gimana rasanya kuliah? Jujur sangat menantang sih, bener-bener banyak hal baru dan ilmu baru selama kuliah yang baru Cuma 7 minggu. Aku kuliah setiap hari dari senin sampai jumat meskipun yang diambilnya juga Cuma 9 sks, mungkin karena pandemic juga ya jadi tiga sks dibagi jadi dua pertemuan. Rasanya seperti kuliah S1 sih, padetnya hampir sama meskipun pas S1 bisa sampe ngambil 21 sks. Capek? Capek banget karena aku masih sambil nyari duit juga.

Jujur gatau deh mau ngomongin apalagi. Hahaha.

Mungkin aku setelah ini mau nulis hal yang harus disiapin untuk kuliah lagi. Khususnya buat para cewek-cewek ya.  Jadi, buat para cewek-cewek pasti selalu ada dua respon ketika orang lain tau kamu S2. Yang pertama ngedukung dan yang kedua “gak takut jadi perawan tua?” dan dikasus temenku, dia ditanya "Emang gak takut cowok-cowok minder?" (ya tentu tidak dong -_-). Tipsnya, ga usah dipikirin. Fokus aja. Bakal banyak tantangan dan akan banyak rasa sedih, khawatir, dan insecure. Kurang-kurangin juga bandingin milestone kehidupan kamu dengan rekan-rekan sebaya. Kuatin mental karena banyak banget kejutan juga dari mata kuliah – mata kuliah yang kalian nanti ambil. Apalagi kalau S1 dan S2 beda kampus, pasti adaptasinya harus agak extra. Tapi, aku yakin kita pasti bisa.

Jadi, buat yang akan kuliah aku mengucapkan selamat dan semoga jalannya dilancarkan. Buat yang sedang kuliah semoga apa yang kita tuju dan cita-citakan semuanya tercapai dan berakhir dengan baik.

 

Well, mungkin setelah ini aku bakal nulis college talk-college talk lainnya.

Bye-bye,

 

Rinda~

 

You Might Also Like

2 komentar

  1. semangat kuliahnya kak 🤗 ditunggu crta2 selanjutnyaaa 🤗

    BalasHapus
  2. waaa, keren Rinda, semangaaaat, aku sih big No kalau mau kuliah S2 hahhahaa otaknya udah ga kuat, belum lagi waktunya *banyak alesan

    BalasHapus

Skilled-daydreamer