Budaya Makan-qu Selama #dirumahaja

17.41



Karena di rumaha aja, kegiatan gue sehari-hari tidak jauh-jauh dari makanan. Juga minuman. Dan di episode kolborasi kali ini, aku dan safira bakal bahas hal-hal seputar makanan yang kita ganyem an kita buat selama hampir sebulan ini. Mungkin tulisan ke bawahnya akan sngat random mengingat gue juga bingung mau nulis apa, saking nggak jelasnya masakan yang gue buat. Tapi semoga bermanfaat. Buat yang mau bikin makanan ringan sederhana, temen-temen bisa baca punya fira di sini:


Oke, jadi sebelum semua tempat ditutup dan aktivitas di luar rumah dibatasi, gue selalu olahraga di gassibu setidaknya seminggu sekali. Sehingga hidup lebih sehat karena ada aktivitas untuk membakar kalori. Gue juga makan dengan baik sehari tiga kali dan jarang ngemil karena banyak yang dikerjain. Bahkan buat buka bungkus snack aja kadang terlalu lelah makanya mau nyemil juga nggak jadi. Biasanya di situasi tertentu, karena gue kalau weekday biasanya stay di kosan (supaya kepala tetap waras dan bisa aktivitas normal tanpa gangguan masalah pribadi) untuk makan biasanya hampir selalu beli. Sekarangkalau dipikir udah sebulan kayaknya nggak beli go food. Jadi dari peristiwa ini banyak hal yang berubah. Berikut ini hal-hal dan kegiatan-kegiatan yang gue lakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan:


Masak Menu Rumah dengan Menerapkan Metode #FoodPrep

Karena gue di kosan, jai gue harus memenuhi kebutuhan pangan gue sehari tiga kali. Karena nggak mau gofood, gue memutuskan untuk masak sendiri Tapi jujur masak tanpa tau besok harus makan apa itu sulit, jadi gue menerapkan metode (jiaah) foodprep supaya kalau mau makan tinggal eksekusi nggak kebnyakan mikir.

Pada dasarnya Foodprep ini adalah kegiatan memperisapkan menu selama seminggu. Pertama-tama tentukan gulu pengen makan apa. Kemudian list bahan-bahannya. Terus beli bahan-bahannya. Terus diolah sampai bisa kalian masukin kulkas dan pas laper tinggal tumis atau goreng.
Contohnya seperti gambar di bawah ini: 


Kalau punya ikan, cuci, kasih jeruk, bumbuin sehingga pas mau makan tinggal goreng. Terus kalau punya kol, ccoba di potong sesuai selera dan sesuai dengan menu yang akan dimasak. Jadi proses masak ke-makan bakal lebih cepet.
Tips menyimpan makanan ada di google banyak.

jus jambu karena lemonnya ga dipoto


Rajin minum lemon
Jujur nyari produk vitamin di apotek atau di manapun itu susah banget. Bahkan blackmores yang menurut gue harganya tidak ramah dikantong aja abis. Se suasah itu. Nah karena kesulitan cari vitamin dalam bentuk tablet, aku rutinin aja minum lemon sebagai sumber vitamin c. Dan minumnya juga pake madu. Ini juga salah satu alasanku beli madu. Pokoknya di situasi seperti ini, kayaknya kita berusaha minum vitamin sebanyak-banyaknya deh. Bukan Cuma gue.



aku yg sedang membeli cemilan 


Menimbun cemilan
Gatau kenapa perasaan ingin nyemil meningkat tajam. Jadi gue udah ngabisin berbagai jenis cemilan sert berbungkus-bungkus. Dan udah nggak tau lagi udah abis uang berapa untuk beli lays sampe susu. Padahal biasanya gue nggak pernah banget ngemil. Kaya jarang banget sampe ngabisin sebungkus snack. Tapi sekarang malah pengen ngegaayem terus tapi ga pernah olahraga.



Mencoba Konsumsi Makanan Sehat

Untuk menyiasati hasrat pengen nyemil, gue berusaha nyemil yang lebih sehat dikit. Beberapa waktu lalu gue beli setengah kilo yoghurt plain untuk pengganti eskrim. Sayangnya aku nyesel karena rasanya tidak ena. Jadi aku tambah gula. Eh ternyata enak. Terus karena sempet dibeliin kopi sama ibunya murid-ku, aku jadi ketagihan pengen ngopi tiap hari. Dan pake gula juga. Setelah dipikir-pikir kayaknya lebih baik kalau aku ngga pake gula putih lagi. Au cari alternatif lain supaya lebih rendah gula dan lebih sehat aja. Akhirnya kuputuskan untuk beli madu, gula aren, dan chia seed. Katanya gula aren lebih baik dari gula putih, terus kalau pake madu juga katanya lebih baik dari gula pasir. Beli Chia seed untuk nemenin makan yoghurt karena katanya banyak vitamin c nya. Jadi ngerasa mendingan nggak ngerasa dosa-dosa amat kalau nyemilnya yoghurt.

Udah deh segitu doang kebiasaan makan dan kebiasaan dapurku selama nggak kemana-mana ini (kecuali ngajar). Btw, kalau yang bingung mau masak apa, aku punya highlight isinya masakanku di instagram @arindatan. Siapa tau jadi inspirasi untuk masak besok.

Rinda~

You Might Also Like

1 komentar

Skilled-daydreamer