Belajar Bahasa Spanyol Ketika #dirumahaja

23.48




Hola!
¿Cómo estás?

Jadi, berdasarkan obrolan minggu kemarin aku dan safira jadi belajar bahasa asing. Kita mempelajari bahasa asing secara rutin selama sekitar seminggu ini. Blog ini adalah rekap dari apa yang kami pelajari selama seminggu. Safira belajar bahasa korea, dan aku belajar bahasa spanyol karena apalagi kalau bukan Money Heist. Aku suka bahasanya. Dan aku ingin coba mempeljari bahasa yang bagus itu. Temen-temen bisa baca punya safira di sini, siapa tau jadi lebih semangat belajar bahasa koreanya:


Jujur, gue udah mempelajari banyak bahasa entah karena terpaksa atau karena ingin. Aku alias gue adalah seorang anak yang hidup di keluarga Jawa Timur. Di rumah bapak dan ibu ku menggunakan bahasa jawa. Tapi, kami tinggal di bandung jadi lingkungan pertemanan gue adalah lingkungan yang sunda banget. Jadi, kalau bisa dibilang saat ini di kepala gue ada empat bahasa. Indonesia, jawa, sunda, dan inggris. Yah sebetulnya nggak jago banget bahasa inggris sih, tapi udah bisa baca buku bahasa inggris, bisa juga lumayan paham kalau nonton video berbahasa inggris, dan bisa juga nulis paragraf dengan bahasa inggris. Menurut gue itu kategorinya udah lumayan bisa lah ya.

Terus. Perjuangan gue mempelajari bahasa tidak berhenti sampai di situ. Di tahun pertama SMA, gue belajar bahasa arab. Susah banget pokoknya. Gue gak dapet apa-apa selain na’am, dan la. Tahun kedua gue belajar bahasa jepang. Hmmm. Nggak dapet apa apa juga, karena gue emang bloon aja. Males hapalin hiragana. Inginnya langsung aja ngomong gitu hahaha. Bonus lagi, di kelas dua SMA, ada guru bahasa mandarin dari cina. Dan ngajarnya pake bahasa inggris. Tentu gak dapet apa-apa karena bahasa mandarin se-susah itu. beda nada beda arti.
Selanjutnya dengan kesadaran sendiri, gue mencoba belajar bahasa korea dan ini lumayan ada yang nempel. Masing inget sedikit-sedikit hangul. Tapi kelemahan gue adalah  nggak bisa mengingat huruf dengan cepat. Plus gue gampang bosen. Jadi ditinggal begitu saja. Paling main-main duo linggo.
Sekarang karena nonton money heist dan ter-trigger oleh safira, aku memulaibelajar bashasa spanyol. Jadi di bawah ini akan dirangkum bagaimana progress ku belajar. Aku menulis apa yang aku pelajari di kertas. bener-bener tradisional anaknya. 



Hari-1
Aku belajar yang basic. Belajar ngomong hai, terus belajar yang sangat dasar. Seperti yes, no. Dan yang basic-basic lainnya. Aku belajar murni dari youtube aja. Yang aku suka sih di awal belajar channel nya Spanishpod101.

Hari ke-2
Karena terpotong videonya, video dari hari pertama aku pelajari lagi. Belajar bilang excuse me, dan sorry.


Hari-3
Masih belajar kata-kata seperti kata-kata tanya, terus kata-kata yang bener-bener basic. Tapi gapapa. Nanti videonya mungkin bakal aku simpen di sini sebagai referesi. Dan dari sini, gue jadi tau kalau dalam bahasa spanyol kalau nulis kalimat tanya, tanda tanya naya di awal dan di akhir, dan tanda yang di awal bentuknya kebalik alias susah banget nulisnya :'). 


Hari ke-4
Belajar angka-angka bahasa spanyol dari 1 sampai 100. Hehe. Kaya anak-anak tapi tentu saja harus melewati yang gampil-gampil dulu. Jangan sombong.

Hari ke-5
Kalau hari ke-5 belajar hari-hari dalam bahasa spayol.





Hari ke-6

Nah yang baru aku nonton adalah video tentang cara membaca huruf-huruf di bahasa spanyol. Cukup berbeda dari inggris, dan ada bedanya juga sama bahasa indonesia. Misalnya adalah huruf j, dalam bahasa spanyol dibaca seperti kita baca huruf h. Huruf h, nggak dibaca. Terus ada double l jadi ll, dan ada perbedaan juga dalam menyebut huruf n. Lumayan bikin pusing tapi seru. Menarik.

Hari ke-7

Di bahasa spanyol, juga ada yang namanya subjek. Kalau di bahasa inggris kita kenal I, You, We, She, He, It. Di spanyol ada Yo, tu, usted, el, ella, nosotros, dan lain-lain. Aku juga belom paham-paham amat jadi nggak bisa banyak jelasin.




Dari tujuh hari belajar bahasa spanyol, yang dapat gue simpulkan adalah :

1. Bahasa spanyol susah, tapi relatif mudah karena nggak ada aksara khusus dan bisa dipelajari.
2. Bahasa spanyol gramarnya gak jauh beda sama inggris.
3. Belajar bahasa spanyol mending dimulai dari belajar cara membaca, terus belajar yang lain.
4. Dalam bahasa spanyol, semua punya gender. Benda itu bisa laki-laki atau perempuan. Contohnya kursi, kursi itu perempuan.


Kalau dipikir-pikir. Satu minggu kaya sebentar. Tapi kalau dirinci gini, aku ngerasa ternyata udah lumayan banyak juga yang dipelajari. Jadi jangan sedih buat yang mau belajar. Yuk semangat. Menyisihkan waktu 30 menit sehari aja udah bisa sebanyak ini loh ilmunya. Aku harap bisa terus rajin belajar bahasa spanyol biar bisa ngomong lancar. Hahaha Aamiin

Nos vemos!

Rinda ~

You Might Also Like

0 komentar

Skilled-daydreamer