Mengajar di Tengah Pandemi

08.47


Di edisi kedua kolaborasi antara gue dan safira, kami akan bahas soal profesi kami sebagai guru. Dan kebetulan, meskipun kami sama-sama masih ngajar, metode ngajarnya beda. Jadi menurut gue (meskipun yang punya ide adalah safira) menarik juga untuk dibahas.

Baca tulisan safira di sini:

Mengajar Online Di Tengah Pandemi

Gue udah mengajar selama kurang lebih tiga tahun. Gue selama kuliah sudah ngajar privat ke beberapa rumah untuk support uang jajan gue. Setelah lulus, ada kesempatan ngajar di sekolah dan kemudian gue memutuskan untuk nyoba ngajar di sekolah. Gue adalah sarjana matematika, yang mana, tidak belajar secara formal cara mendidik. Tapi setelah gue jalani ternyata seru dan gue mencintai apa yang gue jalanin.

Selama ngajar di SMA, banyak banget pelajaran baru dan hal-hal baru. Gue tidak pernah menyesal untuk memilih profesi ngajar. Meskipun duitnya nggak gede. Meskipun sering disebelah-matakan orang lain, bagi gue ngajar itu adalah sesuatu yang ingin gue kerjain setiap hari. Ketika gue ngajar, gue ngerasa lebih bermakna aja buat gue sendiri. Meskipun untuk bisa memenuhi kebutuhan gue harus ngajar di empat tempat yang berbeda, gue masih sanggup dan masih mau memperjuangkan apa yang gue suka ini.

Dan di tengah-tengan unfortunate event ini, tentunya kegiatan ngajar normal berantakan. Buat gue sebagai guru les, itu ngaruh banget. Kelas jadi berkurang, bahkan buat guru di sekolah, kelas tatap muka nggak ada sama sekali. Karena kebetulan gue udah abis masa ngajar di sekolah, alhamdulillah gue nggak ngerasain hal itu. Jujur nggak kebayang gimana caranya ngajar matematika online. Tatap muka langsung aja banyak yg ngga nyimak.



Jadi, sekarang gue masih ngajar privat. Kenapa? Karena adik-adik gue yang sudah gue ajarin sejak tida tahun lalu itu, PR nya menumpuk seperti candi. Mau nggak mau, ibunya manggil gue. Ibu ini sebut saja Ibu S. Ibu S punya ttiga anak yang semuanya diajarin sama gue. Bayangin deh betapa gue sangat multi tlenta dan bisa ngarain hal apapun. Anaknya yang pertama kelas 1 SMA. Selalu nyariin gue kalau ada PR matematika, menurut gue, ngajar anak pertama ini adalah ngajar yang paling enak karena dia udah gede dan tau prioritas. Namun untuk anak ke dua yang masih kelas 5 SD, dan anak ke tiga yang masih kelas 3 SD. Itu cukup tricky buat gue.

Mengingat tidak ada aktivitas untuk pergi ke-sekolah, dan guru-guru sekolah harus menuntaskan materi,  maka guru-guru sekolan menyiasati hal ini dengan memberikan tugas. Sayangnya, buat anak SD, belajar di rummah bukan ide yang bagus. Mereka cepet bosen,  dan godaannya banyak.  Apalagi karakter kedua anak SD yang gue ajarin ini cukup menghambat, mereka males nulis. Untuk yang masih kelas 5 SD, dia emang dari lahir udah pinter. Meskipun dia sambil scroll instagram, ketika disuruh ngisi pertanyaan dia bisa jawab meskipun dia tiap nulis pasti ngeluh. Kalau yang kelas 3, dia sabar, dan mau ngikutin apa yang gue bilang, tapi dia nggak bisa membagi fokus. Dia senengnya belajar sambil main game (hayo ngerti gak maksud gue apa?), sedangkan dia nggak bisa cepet nangkep apa yang gue omongin seperti kakakknya. Jadi cukup memakan waktu agak lama. Untungnya si adek ini lebih bisa diajak kerja-sama. Meskipun sambil ngomek, akhirnya PR beres juga (kalau lagi mood).



Tantangan gue dalam mengajar di tengah pandemi ini adalah, tugas yang tiap hari selalu ada, bikin anak-anak jadi nggak mood. Karena selama ini dipikiran anak-anak kan kalau ga sekolah=libur. Jadi ketika mereka di rumah dan masih punya tanggung jawab, tentu saja mereka nggak akan langsung setuju. Biasanya, kita les seminggu sekali atau dua kali dan bahasa satu pertemuan satu topik. Kalau sekarang? Sehari aja pernah kita ngerjain empat tugas. Dan ada batas waktu pengumpulan. Tugasnya bisa ngisi lembar keja, sampe bikin video. Jadi betul-betul diuji kesabaran kami sebagai guru dan murid.

Kalau hari les biasa, ritmenya santai. Karena palingan Cuma ngerjain satu PR, dan bahas-bahas materi. Nah kalau sekarang, pernah kita ngerjain berbagai mata pelajaran dalam satu waktu. Cukup pusing juga. Apalagi gue. Gue yang sarjana matematika tiba-tiba harus ngajakin merkea bikin surat, bikin kerajinan, ngegambar poster, sampai ngisi soal-soal Pendidikan Al-Qur’an. 

Chaos, bun.

Persiapan ngajarnya gimana? Pokoknya gue tiap masuk rumah cuci tangan. Gue pake jaket dan lepas diluar rumah. Pokoknya melakukan hal-hal yang dianjurkan dalam mencegah virus aja seperti anjuran yang ada di seluruh media.



Kenapa gue masih mau pergi ngajar di tengah kekacauan ini? Satu, karena uang. Dua, karena gue merasa bertanggung jawab aja atas anak-anak ini. Ibunya udah percaya ke-gue karena udah berani manggil guedi tengah-tengah penyakit ini. Dan gue tau, ibunya nggak akan sanggup handle ketiga anaknya sekaligus. Kenapa? Karena anaknya juga minta makan terus. Karen ibunya parno, jadi ibunya memilih masak ketimbang gofood. Dan ibu ini tidak dibantu sama asisten rumah tangga. Ya kebayang aja anak-anak banyak PR, cucian tetep numpuk, harus nyapu, ngepel, masak, kalau bisa ngebelah kayaknya si Ibu S juga ngebelah sih gue rasa. Apalagi kebetulan, di rumah Ibu S ini lagi absi renovasi dan jadinya sekalian beberes seisi rumah. Untungnya ada suaminya juga yang lagi WFH. Sedikit-sedikit bisa bantu. Meskipun tetep, pasti puyeng deh jadi Ibu S. Alasan lainnya adalah, karena gue udah menganggap keluarga Ibu S ini ‘bagian dari hidup gue’ jadi gue ingin bantu juga. Mereka se-baik itu, dan gue juga ingin membalas kebaikan mereka dengan gue bantu mereka.

Gitu aja sih, hidup kan harus saling bantu?

Sampai ketemu di kolaborasi kami selanjutnya

Rinda~

You Might Also Like

1 komentar

  1. Matematika murni bukan Rin? Dari lulus SMK sampai sekarangpun yang aku pikirin masih sama, jadi guru SMK, sepertinya menarik.

    BalasHapus

Skilled-daydreamer