Jalan Kaki dan Belajar Sejarah Bersama Cerita Bandung

21.36


Akhir-akhir ini as you guys know, aku dan Dyah lagi rajin jalan kaki keliling kota. Aku jadi teringat pernah tau ada agen tur yang punya program walking tour di Bandung. Walking tour ini adalah kegiatan tur jalan kaki sambal diceritain tentang sejarah dari tempat yang kita lewatin. Di Bandung, banyak banget tempat bersejarah serta bangunan-bangunan heritage, sayangnya aku sebagai wargi Bandung nggak punya banyak pengetahuan soal hal tersebut makanya program ini menarik banget. Jadi aku ngajakin Dyah siapa tau berminat.

Nah, kita ikut program walking tour dari agen tur Cerita Bandung. Setiap akhir pekan Cerita Bandung selalu mengadakan tur tematik. Maksudnya, setiap tur ini temanya beda-beda. Jadi kita bisa ikut sesuai sama yang kita minati. Kebetulan kemarin aku dan Dyah ikut tur dengan tajuk “Gemeentehuis & The Freemasons” yang bahas soal sejarah Balai Kota Bandung dan beberapa cerita soal Organisasi Freemasons di Bandung. 

 



Untuk tur kali ini, titik kumpulnya di Museum Kota Bandung Jalan Aceh sebrang Bandung Planning Gallery dan Taman Sejarah bandung. Janjian jam Sembilan di tempat, terus di sana ketemu banyak orang yang sama-sama ikutan tur kali ini .

Sepanjang jalan, diceritakan cukup detil tentang beberaapa bangunan heritage yang kita lewatin. . Cerita yang disampaikan sama story teller-nya lumayan lengkap, dan kita juga ditunjukin bangunannya ketika masih awal-awal berdiri dari iPad. Cuman, nggak semuanya aku bisa inget. Lagian, mending kalau mau tau cerita lengkapnya, temen-temen langsung ikutan aja tur bareng Cerita Bandung.

Kemarin rutenya itu Museum Kota Bandung – Balai Kota – Santa Angela – SDN Banjarsari – Polrestabes Bandung – Taman Vanda – Bank Indonesia – Gereja Bethel – SMK N 1 Bandung – Masjid Al Ukhuwah – Bandung Milk Center – Terus jalan lagi sampai ke gedung depan BIP dan pulang lagi ke titik awal ketemu.





Buat temen-temen yang seneng jalan kaki, berjiwa petualang, dan suka sejarah pasti suka sama walking tour ini. Jangan lupa untuk tetap pakai masker, hand sanitizer, tisu basah dan tisu kering. Pakai topi, bawa kaca mata hitam, terus sedia payung atau jas hujan.  

Oh iya, tour ini sistemnya pay as you wish jadi bebas kita mau kasih berapa aja. Menurut aku walking tour ini bisa jadi alternative buat pendatang atau warga bandung yang ingin lebih kenal sama kotanya. Recommended! Temen-temen bisa main-main ke instagramnya Cerita Bandung di @ceritabandung buat lihat jadwal tur dan temanya. 

Semoga membantu, dan sampai jumpa.

 

Rinda~




You Might Also Like

0 komentar

Skilled-daydreamer