Iseng : yang Aku Dapet Dari 8 Tahun Pake Skincare

21.10

 

Skincare yang lagi aku pake 

Aku udah menggunakan skincare sejak kelas dua SMA yang mana itu udah sekitar delapan tahun lalu. Dulu, industry skincare di Indonesia bisa dibilang belum maju. Kiblat skincare aku pada dasarnya adalah produk korea. Blogger-blogger juga banyaknya merekomendasikan produk korea atau belahan bumi lain. Skincare Indonesia pas aku SMA masih terbatas pilihannya dan belom banyak skincare yang cocok di hati. Skincare indo pilihannya dikit, skincare luar mahal. Bener-bener sulit untuk aku yang budgetnya dikit. Dari delapan tahun pake skincare ada beberapa hal yang jadi catetan dan biasanya jadi pedoman aku dalam belanja, memilih atau menggunakan skincare. Nah, karena sekarang skincare indo udah oke-oke dan pasti banyak yang baru mulai pake skincare, boleh nih simak cerita aku siapa tau bisa kebantu dengan pengalaman aku. Enjoy!

 

Utamakan Beli Basic Skincare Yang Murah

Jadi aku mengelompokan first cleanser, second cleanser, toner, dan sunscreen adalah basic skincare. Nah, untuk ke empat jenis skincare itu mending kamu beli yang murah. Kenapa? Karena ke-empat itu adalah skincare yang wajib dipake setiap hari dan yang paling cepet habis tapi gak bisa diskip. Utamakan kamu selalu punya uang untuk membeli ke-empat skincare itu. Serum atau night cream mungkin bisa ditunda tapi kalau cleanser, toner, dan sunscreen gabisa. Jadi coba cari produk-produk yang terjangkau. Kalau mau beli produk yang mahal mending investasi di serum atau night cream karena serum dan night cream bakal nyerep ke kulit. Sedangkan kalau cleanser kan Cuma lewat aja, terus kalau toner yang menyerap di kulit nggak akan sebanyak serum atau nigt cream, kalau sunscreen memang menyerap sih, tapi karena kalau pake sunscreen harus re-apply berujung jadi cepet banget abisnya, tentu saja mending pake yang murah.

Produk rekomendasi :

-          First cleanser : Viva Milk Cleanser (murah, ada dimana-mana, dan cukup oke)

-          Second cleanser alias cuci muka : Apa aja sih, aku lagi pake Neutrogena dan Garnier. Yang penting sesuai jenis kulit aja dan cocok di kamu.

-          Toner : N’pure Centela Asiatica Toner (isinya lumayan banyak dan harganya under 100k)

-          Sunscreen : Wardah Essential Sunscreen Gel (murah dan cocok di aku reviewnya di sini: Wardah Essential Sunsreen Gel & Wardah Aqua Fresh Essence)

 

Kenali Kebutuhan Kulit Kamu

Apapun jenis kulit kamu, kamu tetep wajib masukin first cleanser, sabun cuci muka, toner, dan sunscreen. Pilih sesuai dengan kulit kamu. Emang sih dulu juga kebingungan sendiri sama keluhan kulit. Tapi coba sering ngaca. Rasain kulit apakah kering? apakah kalau lagi makeup berminyak? Terus apakah ada jerawat, apakah ada bekas jerawat, apakah kusam. Kita identifikasi dulu keadaan kulit kita dan hal-hal apa aja yang jadi masalah buat kita. Kalau udah tau menentukan skincare yang mau dipake lebih mudah.

Masalah kulit aku sendiri adalah bekas jerawat dan tekstur alias komedo. Nah, ketika udah tau jadi lebih gampang cari skincare yang sesuai.  

 

Pelajari Bahan-Bahan Aktif

Kalau udah tau jenis kulit selanjutnya kamu bisa belajar untuk cari tau bahan aktif apa yang bisa meredakan keluhan kulit kamu. Sekarang skincare local (contohnya avoskin dan somethinc) selalu menyertakan nama bahan aktif di kemasan skincarenya. Yang sering aku pakai sih Niacinamide (vitamin B) dan AHA BHA. Bahan aktif lain yang sering disebut-sebut adalah Retinol, Ceramide, Alpha Arbutin, Centela Asiatica, dan lain sebagainya. Coba cari tau apa fungsi-fungsi dari bahan-bahan itu. Kalau aku pribadi karena bermasalah sama bekas jerawat aku pilih niacinamide untuk memudarkan bekas-bekas jerawat yang kehitaman. Kemudian karena aku bermasalah dengan komedo, aku pakai AHA BHA untuk eksfoliasi kulit aku dan lama-lama bisa mengurangi komedo. Bahan-bahan ini ada dalam bentuk yang bermacam-macam ada toner, serum, bahkan ada yang diselipin di dalem night cream dan sunscreen. Gimana nyamannya kamu aja.

 

Investasi di Serum dan Night Cream (menurutku) Lebih Baik Dari Pada Beli Sheet mask / Clay Mask

Pakai masker memang menyenangkan, sih. Tapi setelah lama menggunakan sheet mask dan clay mask, kemudian menemukan serum dan night cream yang cocok. Ternyata, efek dari serum dan night cream lebih oke dari pada efek masker-masker yang juga sering aku pake. Kalau pakai serum dengan bahan aktif aku merasa masalah kulit lebih cepet selesai dan lebih mudah digunakan karena tinggal diaplikasikan aja di kulit. Kemudian ketika aku udah kenal night cream yang pas, masalah kulit kering bisa diatasi tanpa harus rajin pake sheet masa. Kulit aku juga bisa tetep glowing karena kelembabannya udah terpenuhi dari pelembab yang aku gunakan. Nggak usah pake sheet mask pun, kulit bisa glowing dan lembab.

Aku masih pake msker, tapi sekarang lebih memprioritaskan untuk beli serum dan night cream yang oke. Aku beli masker pas diskon aja. Selain itu , beli serum dan night cream yang oke jauh lebih hemat dibanding nimbun masker.

 

Kulit Yang Lembab dan Terhidrasi Adalah Kunci

Dulu pernah jerawatan parah banget sampe kesel. Udah mencoba segala cara tetep ada lagi-ada lagi. Terus setelah nyimak kesana kemari, salah satu penyebab jerawatan adalah kulit kita yang kurang hidrasi alias kelembaban. Aku kemudian lebih sabar dan mencoba untuk tetep jaga kelembaban kulit. Akhirnya sembuh. Sejak sembuh aku jadi rajin pake toner dan night cream. Kalau pagi juga aku pake pelembab, tapi sekarang Cuma pake toner dan serum hydrating aja sih kalau pagi. Selain itu bikin kulit lembab juga bsa dibantu dengan konsumsi air yang agak banyak. Setelah dirasain, kulit yang lembab dan terhirasi dengan baik memang lebih jarang ada masalah dibanding kalau kita cuek sama kelembaban kulit.

 

Baru segitu aja sih yang aku inget dan aku bisa bahas. Kalau ada pengalaman lain lagi, pasti aku bakal bikin post ke-dua soal ini. 

Adios!

Rinda

 

You Might Also Like

0 komentar

Skilled-daydreamer