MOBILAN 101 : Sharing Tips Seputar Mobil Untuk Teman-Teman Cewek

15.21

 


Aku sudah mengemudikan mobil sendiri sejak 2016 akhir, kemudian punya SIM awal februari 2017 di umur 19 tahun. Mobil pertama aku adalah Honda Jazz idsi 2006. Kalau dipikir-pikir ternyata udah cukup lama juga aku kenal mobil. Saat ini juga aku adalah pengendara tapi bukan pake Honda lagi, aku sekarang pake Nissan March 2011 yang aku kasih nama Marcelo. Meskipun aku pake mobil Kijang Super 1994 manual pas latihan mobil, aku sekarang pake mobil matic. Orang tua lebih seneng kalau aku bawa matic.

Perbedaan ketika aku pertama kali dikasih mobil sama orang tua dan ketika punya mobil sendiri adalah ketika merawat. Saat mobilnya pemberian orang tua aku lebih cuek dan tinggal pake aja. Berubah ketika sekarang, aku lumayan tau apa aja masalah mobil aku, kapan harus ganti oli, dan sudah punya pengalaman menghadapi kendala-kendala di mobil.

Dan sebagai wanita, aku mengakui kalau pengetahuan kita dalam mengurus kendaraan minim banget. Wajar lah, kita pasti lebih tau banyak soal makeup dan masak. Ga usah sedih. Kali ini pengen nge-share aja hal-hal yang aku dapet selama hampir setahun mengurus mobil dengan tenaga dan upaya sendiri (dibantu pacar sih hehe).

 

1.     Yang harus diperhatikan secara berkala

Nah, ada beberapa hal yang harus diperiksa dan kita harus pay attention. Pertama, ketika mau pergi apalagi kalau perginya jauh usahain liat persediaan air radiator. Biasanya aku isi sampe deket max. Aku juga sedia air radiator di mobil. Karena masalah mobil aku adalah overheat alias mesin panas (kadang sampe ngebul). Udah dua kali overheat makanya jadi lebih perhatian sama radiator dan kawan-kawannya.

Kalau pergi jauh, aku biasanya juga cek tekanan ban. Aku merasa ban kerasa perfect ketika tekanan ban aku 30. Biasanya tekanan ban ideal di mobil kamu ada di pilar pintu sopir, gambarnya aku lampirin di bawah. Tekanan ban juga disesuaikan sama muatan yang lagi kamu bawa. Kalau aku, karena biasanya yang naik cuman aku dan pacar atau emak dan bapak, aku suka pasang di 30. Kalau muatannya empat orang biasanya aku tambahin lagi mungkin sampai 32/33.  Jangan sampai juga kamu kelebihan muatan. Entah itu barang atau orang, mending agak perhatiin deh. Selain bisa bikin ban pecah, kelebihan muatan juga nggak bikin mobil awet. Kerjanya jadi lebih berat dan mungkin ngaruh ke kaki-kaki yang mana butuh ekstra biaya lagi benerinnya.

contoh informasi tekanan ban. sumber gambar: pacar aku yg gatau nyomot dimana


Kemudian oli. Usahain jangan terlambat gant oli deh. Kasian juga mobilnya, selain itu males ganti oli bisa jadi salah satu sumber overheat juga. Untuk yang pake mobil matic. Jangan lupa juga ganti oli matic ya. Kalau gak salah ganti oli matic itu 1:2. Ketika oli mesin udah ganti dua kali, berarti waktunya ganti oli matic. Kalau maticnya kenapa-kenapa biayanya lebih mahal lagi soalnya. Sayang banget.

Kampas rem juga menurut aku salah satu yang harus kita perhatiin terutama ketika mau pergi-pergi jauh. Aku pun nggak tau sih harus berapa waktu sekali kita ganti kampas rem. Tapi mungkin ada baiknya kalau mau pergi minta ke montir untuk lihat kampas remnya. Berbahaya juga kan kalau kita pergi jauh, kecepatan tinggi, tau-tau kampas remnya abis jadi gak bisa ngerem dengan baik. Kalau tromol, biasanya lebih awet dari pada rem, jadi mungkin gak perlu se-sering itu diperiksa. Terus kalau kebetulan lagi diperiksa, lebih baik sekalian kamu minta kampas rem-nya untuk dibersihin menggunakan break-cleaner-fluid. 

Minyak rem juga biasanya harus kita ganti dalam jangka waktu tertentu. Biasanya sih kalau di artikel digantinya 40.000 km sekali. Perhatiin juga minyak rem jenis apa yang cocok sama mobil kamu. Kalau aku pake DOT3. Jenis minyak rem ada di tutup tangki minyak rem di mobil kamu.

So far, itu sih yang aku tau. Kalau ada saran lainnya boleh komen di bawah.

 

2.     Yang harus ada di mobil

Aku menyimpan banyak sekali barang di mobil. Ada dongkrak, ban cadangan, kunci untuk buka ban, air radiator, segitiga pengaman, jumper accu, kotak P3K biar gak ditilang, tempat sampah, dan masih banyak lagi barang penting gak penting. Tapi yang penting banget menurut aku sih dongkrak. Nah, kayaknya di sini aku mau rekomendasiin dongkrak juga. Namanya Tekiro Hyraulic Floor Jack, alias dongkrak buaya. Ini gampang banget dipakenya menurut aku. Meskipun emang berat banget bobotnya.

Buat jaga-jaga sebenernya jumper accu  itu juga lumayan penting, sih. Meskipun aku belom pernah ngalamin accu mati (jangan sampe deh), ketika kita di keadaan accu mati bisa lebih cepet diatasinya. Segitiga pengaman juga penting-gak penting, sih. Waktu itu aku pernah berhenti di pinggir jalan layang karena overheat. Aku pasang segitiga di belakang karena takut diseruduk kendaraan lain. Sebenernya aku juga dibeliin APAR (alat pemadam api ringan) kecil sama pacar untuk jaga-jaga siapa tau ada api. 

 

3.     Mengatasi Masalah Overheat

Karena aku langganan banget overheat, rasanya udah paling tau soal mengatasi mobil overheat. Kalau kita browsing di google macem-macem banget penyebab mobil overheat. Pertama kali mobil overheat, radiatornya aku ganti. Kemudian yang kedua kali, ternyata motor kipas mobil udah mati dan nggak bisa optimal jaga suhu mesin.


source: nissan.co.id


Mobil overheat, untuk mobil aku ditandai dengan lampu indikator yang nyala. Indikatornya seperti di atas. Selain itu kap mobil bakal ngeluarin asap lama kelamaan kalau kita nggak segera matiin mesin. Terkadang ada kedengeran juga suara air mendidih dari dalam mobil. Di beberapa mobil ada indikator lain yang berupa jarum seperti gambar di bawah ini, kalau panah semakin dekat ke H artinya mobil overheat.  



Kalau mobil kamu overheat saat lagi di jalan, JANGAN PANIK,  langsung nyalain lampu sign ke kiri, ambil jalan pinggir dan berhenti. Kemudian buka kap mobil, JANGAN SENTUH APAPUN APALAGI MEMBUKA TUTUP RADIATOR DAN TANGKI AIR RADIATOR. Mobil dengan mesin panas gak bisa dipaksa. Kalau dipaksa, radiatornya bisa jebol bahkan mesin juga bisa jebol. Tunggu sampe dingin sekitar 30 menit sampai 1 jam. Kemudian baru bawa ke bengkel.

Saat ke bengkel, menurut aku lebih baik ke bengkel yang punya scan tool. Jadi fungsi scan tool adalah untuk mendeteksi mobil kita rusaknya dimana. Masalahnya bisa langsung ketauan dan nggak akan salah diagnosa. Alhasil lebih irit biaya dan waktu karena masalahnya langsung disembuhin. Biasanya yang punya scan tool adalah bengkel resmi, tapi ada juga bengkel spesialis yang punya scan tool. Untuk warga Bandung, aku bakal tulis di blog selanjutnya bengkel mana aja yang oke di Bandung dan punya scan tool.

Pada waktu itu, saat mobil aku overheat terus padahal baru ganti radiator aku mencoba dateng ke bengkel radiator terbaik di Bandung. Tapi ternyata mereka tetep salah diagnosa. Akhirnya aku ke bengkel J-Tech di sukajadi untuk nge-scan mobil. Kalau butuh bengkel tidak resmi yang punya scan tool, mungkin temen-temen bisa ke J-Tech di jalan sukajadi, posisinya ada di kanan jalan setelah richeese factory flamboyant. Dan kita jadi tau kalau motor kipas si Marcelo udah nggak optimal kerjanya, akibatnya ketika mesin panas, kipas yang harusnya bantu ademin mesin malah ga guna. Setelah diganti motor kipas, si Marcelo udah nggak overheat lagi. 

Pelajaran yang bisa diambil adalah, mending scan dulu aja mobilnya biar masalah cepet diatasi.

 

Udah bingung mau nulis apa, jadi mungkin sampe sini dulu (?)

 

Sampai ketemu di pembahasan soal mobil-lainnya.

Adios!

Rinda

 

 

 

 

You Might Also Like

2 komentar

  1. Tekanan ban setiap tipe mobil juga beda-beda sih ya, kalo aku biasanya di 33 gitu enaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, tergantung muatan dan medan yang akan dilalui juga. Bahkan merk ban juga kayaknya ngaruh deh (?)

      Hapus

Skilled-daydreamer